Kompas.com - 22/11/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil bekas harga murah tentu menjadi incaran konsumen, apalagi segmen harga di bawah Rp 100 jutaan. 

Meskipun banyak mobil low cost green car (LCGC) dengan harga realistis, di daerah popularitas mobil bekas lawas harga masuk akal peminatnya luar biasa. 

Salah satunya adalah Kijang Innova bensin. Mobil 2.000 cc tersebut diminati karena dianggap nyaman dan cocok dijadikan mobil keluarga, faktor utamanya kapasitas angkut penumpang dan barang bisa diandalkan. 

Namun, kebanyakan usianya sudah 10 tahun ke atas, tentu ada beberapa titik yang benar-benar diperhatikan agar mencegah biaya perbaikan membengkak. 

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen, menjelaskan, nomor satu unit incaran bagian mesin harus dipastikan kering. 

Baca juga: Innova Zenix Meluncur, Kijang Lawas Naik Harga

"Penyakit mobil MPV bekas usia 10 tahun ke atas, di beberapa titik rawan bocor oli. Sumbernya packing mesin mengelupas karena usia," ucap Kempes kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022). 

Pengecekan masalah lainnya normal, Kempes mengatakan, unit dikategorikan layak pakai jika mesin sehat tak ada kebocoran oli sedikitpun. 

Saat memeriksa kondisi mesin, pertama diawali mendengarkan bunyi suara secara teliti. Jika ada indikasi seperti suara logam berbenturan keras, biasanya masalahnya adalah klep yang aus. 

Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemulaDicky Aditya Wijaya Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemula

Banyak yang tertipu jika mengandalkan patokan melihat warna asap knalpot. Kempes menjelaskan, deteksi kerusakan malah bisa dikatakan lebih mudah saat memperhatikan kondisi mesin. 

"Sejak dahulu, cek mobil bekas yang sering diperhatikan patokannya flat, knalpot keluar asap menandakan mesin bocor kompresi. Nah, jika mau mudah, bisa dari suara ketika awal mesin dihidupkan. Seperti ada bunyi nyaring logam ketemu logam, pas idle jelas terdengar," tuturnya. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.