Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pemula Incar Innova Bensin Bekas, Harga Mulai Rp 80 Jutaan

Kompas.com - 22/11/2022, 09:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Kijang Innova bensin bekas bermesin 1 TR FE, jadi barang incaran konsumen yang mencari mobil untuk pertama kali. 

Kisaran harga di pasar mobil bekas, Kijang Innova bensin saat ini dibanderol sekitar Rp 80 jutaan. Pertimbangan utama konsumen adalah akomodasi penumpang yang luas karena bisa menampung 7 orang. 

Terlebih di daerah, Innova bensin dikenal memiliki durabilitas mesin yang baik, cocok diandalkan melewati berbagai medan jalan.

Dibanding versi diesel, ketersediaan bahan bakar bensin diklaim relatif lebih mudah untuk didapatkan. 

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova Zenix, Cicilan Mulai Rp 9 jutaan

"Banyak yang ambil bensin, nomor satu karena faktor harga, kedua nyaman untuk mudik dan pergi luar kota. Bandel juga mobilnya, banyak yang tertarik pertimbangan itu," kata Kabul Santoso, pedagang mobil bekas di Demak kepada Kompas.com, Senin (21/11/2022). 

Sejak dua tahun terakhir, penjualan Innova bensin relatif stabil. Banyak yang sengaja menghindari versi diesel karena asumsi pertimbangan perawatan yang dianggap mahal. 

Konsumen bahkan mengaku, setelah dihitung-hitung bujet operasional Innova bensin yang sering dicap boros ternyata hasilnya masih menguntungkan. 

Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemulaDicky Aditya Wijaya Kijang Innova bekas harga Rp 100 jutaan banyak diminati konsumen karena dinilai cocok untuk pemilik pemula

"Di daerah kan banyak yang takut kualitas bahan bakar solar jelek. Khawatir injektor mampet, lagipula harga komponen slow moving dan fast moving lebih bersahabat yang mesin bensin," ucapnya. 

Dengan bujet sekitar Rp 80 jutaan, tersedia pilihan Innova bensin generasi pertama 2004 - 2006. Kabul menyebut, kunci Innova bekas layak dibeli, ditentukan kondisi mesin masih sehat. 

Masalah yang sering ditemui, banyak Innova berusia di atas 10 tahun kondisi bagian bawah mesinnya sudah rembes. 

Cover Timing Chain InnovaDicky Aditya Wijaya Cover Timing Chain Innova

"Penyakit Innova bensin gampang ditebak. Biasanya, bagian bawah mesin rembes oli karena faktor usia. Innova kan terkenal badak, jarang rewel juga," kata dia. 

Baca juga: Menakar Biaya Perbaikan Oli Rembes Innova Lawas?

Alan Suharlan, pemilik showroom Sinar Motor Demak mengatakan, khusus segmen mobil bekas harga di bawah Rp 100 jutaan banyak konsumen yang tergiur Innova bensin. 

Mobil tersebut dinilai sudah proporsional dan sesuai keinginan karena bisa memuat penumpang dan barang sampai penuh. 

"Harga di bawah Rp 100 jutaan pilihannya ada Innova, Avanza, Kijang Kapsul, dan sebagainya. Banyak yang pilih MPV karena bisa jadi andalan keluarga," kata Alan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com