Kompas.com - 22/11/2022, 06:42 WIB

BURIRAM, KOMPAS.com - Mitsubishi Ralliart sudah lama vakum dari dunia balap. Sebagai momen untuk merayakan kembalinya divisi balap ini, dipilihlah Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

Bukan tanpa alasan mengapa Mitsubishi memilih reli sebagai momen untuk kembali ke dunia balap. Menurut Mitsubishi, reli sangat erat hubungannya dengan model produksi massal.

Baca juga: Tujuan Mitsubishi Ikut Reli AXCR 2022, Bukan Hanya untuk Menang

Direktur Tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka mengatakan, reli adalah balapan yang mengetes ketahanan kendaraan. Semua dites, baik mesinnya, kaki-kakinya, semua akan dites.

Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, ThailandDok. Mitsubishi Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, Thailand

"Jadi, itu sangat penting bagi next production, enhancement untuk produksi mobil-mobil berikutnya, karena Mitsubishi itu ada tiga yg menjadi targetnya, yaitu safety, security, comfort," ujar Masuoka, kepada wartawan, saat ditemui di Buriram, Thailand, Minggu (20/11/2022).

Masuoka menambahkan, kalau dulu selalu dibilang jika balap itu mobilnya belum tentu harus paling kencang. Tapi, harus nyaman juga, karena pebalap jika nyaman, target untuk menangnya lebih besar.

Baca juga: Siap Reli, Intip Spesifikasi Mitsubishi Triton di AXCR 2022

"Jadi, harus nyaman, safety, security, comfort. Itu jadi tiga konsep utama kendaraan yang akan dites melalui endurance tesnya si laboratorium alam melalui reli," kata Masuoka.

Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, ThailandDok. Mitsubishi Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, Thailand

"Hasilnya, akan diolah lebih lanjut untuk pengembangan mobil-mobil Mitsubishi lainnya, karena intinya mobil Mitsubishi kan mobil yang kuat. Nah, itu menjadi dasarnya," ujarnya.

Masuoka mengatakan, Mitsubishi sudah lebih dari 30 tahun di motorsport dengan Dakar Rally dan World Rally Championship (WRC). Jadi, semangat itu akan dipertahankan lagi oleh Mitsubishi Motors ke depannya.

"Ini yang pertama, dan akan comeback utk balapan-balapan berikutnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.