Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Menipis, Innova Diesel Menghilang di Bursa Mobil Bekas Semarang

Kompas.com - 20/11/2022, 18:29 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Toyota KIjang Innova diesel jadi barang langka di bursa mobil bekas Kota Semarang terhitung selama sebulan terakhir. Hal itu menyusul kabar akan hadirnya versi terbaru Kijang Innova bermesin hybrid. 

Terbukti, stok unit Innova terutama varian diesel bahkan sampai kosong. Belum jelas, apakah karena isu stop produksi massal hingga unit sisa sudah menghilang dari diler-diler, kemudian konsumen pun kabur dan mencari jalan pintas mengincar versi bekasnya. 

"Khusus Innova diesel matic harga kisaran Rp 250 - 300 jutaan saat ini kosong. Dua unit kemarin laku hitungan dua minggu," kata Hidayatus Sholekhah Marketing Mobil88 Semarang dihubungi Kompas.com, Minggu (20/11/2022). 

Tren positif pasar penjualan Innova diesel terus berlanjut di segmen MPV, unit tersebut bahkan masuk nominasi terfavorit sepanjang tahun 2022. Hal itu, kata dia, karena banyak konsumen di Kota Semarang sampai sekarang masih tergiur mobil irit dan bertenaga. 

Baca juga: Baru Pertama Ikut AXCR 2022, Rifat Sungkar Targetkan Kemenangan

Pertimbangan tersebut bukan tanpa alasan, Hida bahkan menjelaskan, kenaikan harga bahan bakar minyak sempat membuatnya pesimis, namun ternyata justru kekhawatiran banyak orang tersebut langsung dijawab tuntas. 

Alhasil justru sebaliknya, shoowrom berulang kali kewalahan menghadapi permintaan unit yang jumlahnya terus menipis.

Innova Reborn 2017, pilihan menarik di segmen MPV bekasDicky Aditya Wijaya Innova Reborn 2017, pilihan menarik di segmen MPV bekas

"Innova diesel itu bikin kita shock, hari ini stok ada tapi permintaan tidak ada, tapi sehari kemudian unit tersebut laku, konsumen banyak yang menanyakan, akhirnya mereka pulang tanpa hasil. Pasarnya bagus karena dianggap irit dan tenaganya paling unggul untuk kelas MPV," kata dia. 

Varian matik juga pasarnya bagus karena dianggap nyaman untuk mobilitas tinggi di jalan-jalan perkotaan. Hidayatus pun mengaku, showroom berani berspekulasi untuk menghadirkan stok versi matik lebih banyak. 

"Versi manual malah jarang, banyak yang bilang katanya matik Innova apalagi yang diesel nomor satu tiada tanding. Beberapa yang permintaannya tinggi itu versi Grand Innova 2012 keatas," kata dia. 

Hal yang sama dikatakan Alfiyan Pemilik Showroom Anugrah Mobil di Area Carsentro Semarang. Menurutnya, prediksinya tentang nasib penjualan mobil bekas seiring kenaikan harga BBM untungnya benar-benar tidak terbukti. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.