Kompas.com - 20/11/2022, 15:01 WIB
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Anak kunci pada mobil memiliki berfungsi yang sangat penting. Jika komponen ini rusak atau hilang, maka mobil tidak bisa digunakan karena mesin tidak bisa hidup.

Mobil bisa saja sedang ada di rumah, di parkiran atau di suatu tempat terakhir kali digunakan. Hal itu tentu saja membuat pengendara cukup kesusahan.

Bisa saja mobil tidak bisa dibuka pintunya, mesin tidak bisa menyala dan seterusnya. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Baca juga: Bukan Gantungan, Ini Fungsi Pelat Kecil pada Anak Kunci Mobil

Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauhKompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bila anak kunci pada mobil hilang maka solusinya adalah menggunakan kunci cadangan bila ada.

“Dengan kunci cadangan, maka mobil bisa digunakan seperti biasanya, namun perlu melakukan duplikasi agar ketika kunci hilang untuk kedua kalinya bisa dengan mudah teratasi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022).

Dia mengatakan untuk menduplikasi anak kunci bisa dengan dua cara, tergantung jenis anak kuncinya sudah dilengkapi immobilizer atau belum.

Baca juga: Bisa Upgrade Kunci Mobil di GIIAS 2022, Ini Biayanya

Contoh fungsi bagian keyless entryZulfana K. Rijal Contoh fungsi bagian keyless entry

“Jika dilengkapi immobilizer maka, pemilik kendaraan harus membeli anak kunci asli dari bengkel resmi, lalu melakukan registrasi anak kunci sebelum datang ke ahli kunci untuk mengukir mekanikal anak kuncinya,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan bila kunci mobil masih belum dilengkapi dengan immobilizer, maka pemilik kendaraan bisa mengganti anak kunci dengan lebih mudah, dengan cukup datang ke ahli kunci maka bisa selesai.

“Akan lebih rumit lagi bila kedua anak kunci sudah hilang, maka solusinya adalah dengan membuatkan anak kunci yang baru lengkap dengan rumah anak kuncinya, cara ini juga berlaku untuk kunci yang sudah dilengkapi dengan immobilizer,” ucap Ibrohim.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Kabin

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Dia juga mengatakan beberapa mobil tua masih bisa diakali dengan memanggil ahli kunci untuk dibuatkan anak kunci yang serupa yang penting asal bisa diputar.

"Atau bila masih memiliki gambar kode kunci mobil yang ada di anak kunci, atau plat kecil, biasanya ahli kunci bisa membuatkan duplikatnya dengan mudah tanpa harus membongkar rumah anak kuncinya," ucap Ibrohim.

Jadi, kehilangan anak kunci bisa cukup rumit, maka dari itu pastikan di rumah selalu tersedia kunci cadangan untuk berjaga-jaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.