Kompas.com - 20/11/2022, 14:32 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kampas kopling yang menipis membuat performa sepeda motor tidak maksimal. Hal paling terasa ialah tarikan terasa lelet bahkan sampai kehilangan kompresi.

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang, Nurhadi Muslim, mengatakan, salah satu hal yang dapat memengaruhi kampas kopling cepat habis ialah gaya berkendara yang salah.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Oktober 2022, Wuling Air EV Masih Dominan

"Motor jadi sering kehilangan tenaga bila melewati tanjakan, gigi susah dioper, dan khusus motor kopling jarak minimnya jadi tinggi. Biasanya, kampas kopling normal akan habis di kisaran jarak tempuh 40.000 km," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pergantian kampas kopling Honda CB 150 RDicky Aditya Wijaya Pergantian kampas kopling Honda CB 150 R

Ciri kampas kopling tipis ialah tarikan awal lemot dan bensin jadi boros. Jika sudah parah motor bakal mengalami slip kopling. Sebab kampas kopling berfungsi untuk penghubung putaran mesin ke gigi transmisi.

Baca juga: Citroen Indonesia Tertarik Pasarkan Mobil Listrik Mungil My Ami

Untuk itu, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan perawatan kampas kopling.

Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu, memberikan beberapa tips agar kampas kopling lebih awet.

1. Gaya berkendara

Pada saat stop and go jaga putaran mesin atau rpm tidak boleh terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan gesekan pada kampas kopling akan semakin besar.

2. Jangan terlalu sering menahan setengah kopling

Pada saat mengendarai sepeda motor, apabila ingin mencapai di kecepatan tertentu jangan terlalu sering menahan setengah kopling, karena bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.