Kompas.com - 20/11/2022, 07:21 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Kegiatan Merapah Trans-Sumatera Kompas.com akhirnya kembali berlangsung. Pada perjalanan kali ini, tim Kompas.com akan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh, melewati Jalan Tol Trans-Sumatera dan Lintas Timur Sumatera dengan Honda All New BR-V Prestige dengan Honda Sensing.

Pada bahasan kali ini, redaksi akan membahas bagaimana impresi berkendara BR-V pada etape pertama, yakni Jakarta-Lampung.

Perjalanan dimulai dari Menara Kompas pada Jumat (18/11/2022) pagi dan langsung mengarah ke Merak untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

Ketika kami mengemudi di jalan tol, Honda BR-V memiliki performa yang sangat mencukupi untuk kebutuhan.

Mesin 1.500 cc i-Vtec empat silinder segaris yang dipakai BR-V menghasilkan 121 PS atau setara 119,3 TK di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Ubahan Teknis Honda Forza 350 Terbaru, Makin Asyik buat Touring

Merapah Trans-Sumatera dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda depan lewat transmisi CVT Honda. Bisa dibilang, dengan kondisi jalan yang cukup lancar, BR-V dibawa melaju dengan mudah, tenaga disalurkan dengan baik dari mesin ke roda.

Tim sampai di Pelabuhan Merak untuk menyeberang dengan menaiki kapal feri. Kebetulan, mobil kami diarahkan ke parkiran dek atas kapal, kesempatan yang pas untuk mencoba seberapa tangguh BR-V melewati tanjakan yang cukup curam dan permukaan yang agak licin (pelat besi).

Agar semakin mudah menaklukkan tanjakan tersebut, tuas transmisi dipindah dulu ke posisi L. Hal ini dilakukan agar putaran mesin dijaga agar tidak drop atau turun, jadi tenaga dan torsi tetap terisi.

Terbukti, BR-V bisa melaluinya dengan mudah, dalam kondisi mobil terisi empat orang dengan barang bawaan yang banyak di bagasi.

Baca juga: Bunyi pada Kaki-Kaki Mobil, Cek Kondisi Bushing

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Setelah menyeberang kurang lebih selama 1 jam 30 menit, tim pun sampai di Pelabuhan Bakauheni dan langsung menuju pintu masuk Jalan Tol Trans-Sumatera, yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Tol Bakter punya kontur jalan yang mirip dengan Tol Cipali, yakni dominan menggunakan beton.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.