Kompas.com - 19/11/2022, 14:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – All New Honda Forza 350 telah resmi hadir dan meramaikan pameran EICMA 2022 di Italia. Motor ini mendapat ubahan dari sisi penampilan maupun sektor teknis.

Dalam keterangan resmi Honda Eropa (19/11/2022), disebutkan bahwa Mesin eSP+ yang diusung Forza 350 memiliki kinerja lingkungan yang tinggi dan karakteristik output yang kuat, melalui penerapan teknologi yang komprehensif untuk pengurangan gesekan.

Di atas kertas, mesin berkapasitas 330 cc dengan injeksi bahan bakar SOHC berpendingin cairan menghasilkan tenaga puncak 21,5 kW atau setara 28,8 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimum 31,5 Nm pada 5.250 rpm.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Mulai Hari Ini

23YM HONDA FORZA 350Dok. Honda Eropa 23YM HONDA FORZA 350

Angka ini berselisih cukup jauh dari Forza 250 pasar Indonesia yang memiliki profil tenaga 17 kW atau setara 22,7 kW pada 7.750 rpm dan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm.

Berdasarkan klaim pabrikan, kecepatan tertinggi Forza 350 mencapai 137 kpj, dan mampu menempuh jarak 200 meter hanya dalam 10,4 detik.

Untuk meningkatkan pendinginan piston, terdapat oil jet seperti yang digunakan pada CRF450R, yang menyemprotkan oli langsung ke bagian belakang piston.

Baca juga: Salah Kaprah Menerapkan Teknik Setengah Kopling pada Mobil Manual

Kemudian, udara yang masuk ke ruang bakar disuplai melalui boks filter udara 5,5 liter dengan throttle body 36 mm.

Mesinnya juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sistem mendeteksi adanya perbedaan antara kecepatan roda depan dan belakang, menghitung rasio selip, lalu mengontrol torsi mesin melalui injeksi bahan bakar untuk mendapatkan kembali traksi roda belakang.

HSTC dapat di-ON-OFF-kan melalui tombol di setang kiri. Indikator 'T' di tampilan digital berkedip saat sistem bekerja untuk mengatur pegangan.

Baca juga: Potret Motor MotoGP Suzuki yang Berakhir Jadi Rongsokan

Ruang bagasi di bawah jok Honda Forza 350 yang bisa menampung dua buah helm full faceDok. Honda Eropa Ruang bagasi di bawah jok Honda Forza 350 yang bisa menampung dua buah helm full face

Honda turut mengklaim konsumsi bahan bakar Forza 350 yang mencapai 29,4km per liter (mode WMTC). Artinya dengan kapasitas tangki bahan bakar 11,7 liter, motor berpotensi menjangkau hingga lebih dari 340 Km.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.