Kompas.com - 19/11/2022, 17:02 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Kenyamanan berkendara mobil salah satunya ditentukan oleh kondisi komponen kaki-kaki

Ada dua dua komponen utama, yaitu suspensi dan steering. Keduanya, sama-sama mengatur pengendalian kontrol ketika kendaraan melaju. 

Saat cuaca sedang hujan, keseimbangan kaki-kaki mobil sangat dibutuhkan, hal itu karena stabilitas rawan terganggu kondisi jalan yang licin. 

Karenannya, penting sekali bagi pemilik mobil untuk memastikan apakah ada masalah komponen kaki-kaki. 

Baca juga: Benar atau Tidak, Shockbreaker Mobil Sebelah Kiri Lebih Cepat Rusak?

Namun ada teori yang beranggapan sektor kaki-kaki mobil berubah menjadi keras karena perubahan cuaca. Apakah benar seperti itu? 

Ilustrasi berkendara saat hujan(Larmoyeux & Bone) Ilustrasi berkendara saat hujan

Kempes Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen menjelaskan, kaki-kaki mobil terasa lebih keras karena mekanisme kerja pada kolong mobil dalam kondisi basah. 

"Beda, jika saat jalanan kering ayunan suspensi dan mekanisme kerja komponen steering sistem pelumasan tidak mendapatkan gangguan luar. Air hujan memberikan tekanan dari bawah dan samping," kata Kempes kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022). 

Komponen-komponen seperti tie rod, ball joint, dan shockbreaker mekanisme gerak saat bekerja mengandalkan pelumasan grease. 

Jika cuaca hujan, jalanan tergenang dan cipratan air dari samping, menyebabkan sistem kerja komponen-komponen tersebut tidak maksimal. 

Baca juga: Benar atau Tidak, Shockbreaker Mobil Sebelah Kiri Lebih Cepat Rusak?

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

"Air dari bawah dan samping mempengaruhi perputaran komponen shaft dan pegas pada suspensi. Meskipun secara tidak langsung, gejala bantingan suspensi terasa jadi seperti lebih keras," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, komponen yang sering mengalami perubahan performa adalah sektor pengereman. 

Baca juga: Ketahui Keunggulan Immobilizer pada Mobil

"Mobil yang baru saja melewati genangan air, rem jadi terasa keras dan berbunyi. Sementara itu, komponen-komponen lainnya tidak ada perubahan apapun, kecuali kondisinya bermasalah sebelumnya," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.