Kompas.com - 19/11/2022, 17:42 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Kasus kaki-kaki mobil yang berbunyi, sering dikeluhkan oleh pemilik. Hal itu biasanya terjadi karena faktor usia atau ada komponen yang berkarat. 

Selain itu, bisa juga karena cuma masalah bushing yang pecah. Komponen ini fungsinya menutup bagian ujung shaft. Karena titik tersebut, membutuhkan pelumasan grease untuk mencegah gesekan berlebihan. 

Karena itu, bushing pecah tak bisa dianggap remeh. Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, bushing juga membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari kerusakan komponen utama. 

"Bushing harus diperhatikan, komponen tersebut menahan getaran jalan dan menjaga keseimbangan kinerja kaki-kaki mobil," kata Kempes kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022). 

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat 34 Persen Periode Januari-September 2022

Ciri kerusakan yang sering terjadi adalah munculnya suara berisik. Terlebih jika kondisinya terlalu parah, Kempes menjelaskan, bunyi asing tersebut seperti benturan. 

perbaikan Kaki-kakiAgus Setiawan perbaikan Kaki-kaki

Bahkan, jika dibiarkan beberapa waktu kemudian suaranya terdengar semakin keras. 

"Khususnya saat melewati medan yang rusak seperti jalan yang tidak rata atau berlubang, maka suara bising tersebut akan masuk hingga ke dalam kabin mobil," katanya. 

Untuk itu, jika bunyi muncul saat berkendara, Kempes menyarankan, segera memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Hal tersebut agar kerusakan tak menjalar, terutama komponen kerja yang saling berhubungan. 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, bushing kaki-kaki yang sudah habis atau rusak berpeluang mengganggu handling kendaraan. 

"Ciri-ciri bushing sudah rusak yakni handling akan terasa oleng ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Keretakan bushing disebabkan karena kinerjanya yang terlalu berat, termakan usia, atau terlalu sering melewati jalan rusak," kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, bushing yang sudah tak layak pakai biasanya terlihat dari kondisi karetnya yang sudah getas atau retak-retak.

Baca juga: Ini Keunggulan Mobil yang Dilengkapi Kunci Model Keyless

Seperti diketahui, ada beberapa model bushing, misalnya bushing arm, bushing lower arm, bushing rack power steering dan lainnya.

Bushing () Bushing

"Hal itu langsung terasa pada performa suspensi dan steering. Jadi, jika mobil mengalami kasus bantingan tidak nyaman bisa memvonis sumbernya dari bushing yang rusak," tuturnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.