Kompas.com - 19/11/2022, 10:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sistem suspensi dari empat shockbreaker pada mobil, menjadi salah satu faktor kenyamanan. 

Bila salah satu mengalamai kerusakan atau mati, maka dampaknya akan mempengaruhi handling dan kenyamanan selama perjalanan.

Terlebih, pada saat musim hujan, jalan berlubang dan genangan air cukup banyak ditemui. Hal tersebut tentu akan memberatkan kerja bagian kaki-kaki kendaraan. 

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen menjelaskan, kerusakan komponen kaki-kaki mobil jadi lebih sering karena kinerja komponen-komponen tersebut bertambah berat. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Perawatan Mobil Manual Lebih Mudah?

"Saat mobil melaju kecepatan sedang hingga tinggi, kemudian menerjang lubang atau jalanan rusak, bobot kendaraan seluruhnya bertumpu pada komponen kaki-kaki. Komponen suspensi seperti shockbreaker harus meredam getaran keseluruhan, terlebih jika tak memprediksi dahulu titik-titik jalan rusak sebelumnya," kata Kempes kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022). 

Ilustrasi berkendara saat hujan(Larmoyeux & Bone) Ilustrasi berkendara saat hujan

Lama-kelamaan jika ada perubahan ayunan suspensi yang jadi terasa keras menandakan komponen tersebut kehilangan performa terbaiknya. 

Agar menghindari kerusakan jadi serius, Kempes menyarankan, secara berkala diperlukan cek kondisi fisik komponen suspensi. 

Hal itu bisa dilakukan sendiri pemilik mobil, caranya juga mudah yaitu memperhatikan detail kebocoran oli yang terjadi. 

"Kebocoran yang mengakibatkan oli merembes ini bisa disebabkan seal yang robek akibat kotoran yang mengeras, dan bisa juga disebabkan kebocoran pada tabung shockbreaker. Bisa juga memperhatikan patokan celah sepatbor, shockbreaker yang rusak jarak sepatbor dan roda jadi berkurang karena suspensi amblas," ucapnya. 

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Mobil Listrik Toyota bZ4X

Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rodDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rod

Namun kunci menjaga performa shockbreaker saat kendaraan melaju, pengemudi harus memprediksi dahulu dimana saja lokasi jalan-jalan rusak. 

Syaratnya, menurut Kempes, saat mengemudi kecepatan mobil harus terkontrol, kemudian jika menemukan titik-titik tertentu seperti jalan berlubang, bergelombang, atau genangan air bisa secara bertahap menurunkan kecepatan. 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, saat melewati jalan-jalan rusak komponen suspensi jadi tumpuan beban seluruh kaki-kaki mobil. 

Baca juga: Bagaimana Mengemudi Mobil Manual yang Baik dan Benar?

Tes slalom All New BR-V di road test course Honda Prospect Motor di Karawang, Bekasi, Jawa Baratkompas.com - AFH Tes slalom All New BR-V di road test course Honda Prospect Motor di Karawang, Bekasi, Jawa Barat

 

"Mobil yang sering mobilitas di jalan-jalan rusak interval pergantian shockbreaker bisa lebih cepat dari jadwal. Setelan toe in, toe out juga lebih gampang bergeser dari semula, jadi disarankan melakukan perawatan rutin kaki-kaki lebih cepat dari jadwal," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.