Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nostalgia Bus Tempo Dulu, Sudah Full Service Sejak Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal bus antar kota, memang sudah hadir di Indonesia sejak lama. Bahkan masih ada Perusahaan Otobus (PO) yang masih bertahan hingga sekarang, melayani banyak orang pergi ke luar kota.

Pada akun Tiktok Explore Bus Lovers, ditampilkan berbagai bus malam era 1980-1990an. Bus-bus seperti Bali Indah, Tunggal Dara, Timbul Jaya, Rosalia Indah, Continental, Jaya Utama, Santoso, Giri Indah, Sumber Alam, dan masih banyak lagi diperlihatkan.

Secara tampilan bus, memang bodinya masih tampak jadul, tapi itu sudah modern di zamannya. Selain itu, layanan yang diberikan pada penumpang bus saat itu juga sudah cukup banyak.

Menurut AM Fikri, Pengamat Transportasi Bus di Indonesia, soal layanan yang diberikan dari PO ke penumpang saat zaman dulu dengan sekarang tidak banyak berubah, tetap nyaman.

"Enggak ada yang signifikan berubah, ada layanan AC, reclining seat, selimut, bantal, snack, dan makan gratis sekali atau dua kali tergantung jarak," ucap Fikri kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Bedanya, zaman dahulu untuk AKDP atau jarak dekat memang masih banyak yang belum menggunakan AC. Tetapi untuk AKAP, sejak tahun 1990an sudah ada kelas AC Ekonomi, terutama di Jawa Timur.

"Untuk tahun 1980an, bus AC, reclining seat, toilet lengkap dengan bantal-selimut sudah ada. Tapi untuk fasilitas snack atau makan malam bervariasi, ada yang sudah termasuk (tiket) ada yang belum," ucap Fikri.

Misal, untuk bus zaman dulu yang super eksekutif dengan bangku 2-1, sudah lengkap servis yang diberikan ke penumpang, dari snack sampai makan. Tapi untuk bus sekarang, kebanyakan sudah memberi servis makan termasuk harga tiketnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/11/180100315/nostalgia-bus-tempo-dulu-sudah-full-service-sejak-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke