Mitos atau Fakta, Performa Mesin Diesel Gampang Loyo di Tempat Dingin?

Kompas.com - 11/11/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain tenagamesin diesel modern dirancang menghasilkan efisiensi bahan bakar

Karena itu, rasio kompresi mesin diesel dibuat lebih padat saat menerima ledakan besar di ruang bakar. Maka, struktur material bahan komponen-komponen didesain lebih kuat. 

Banyak konsumen awam di Tanah Air kepincut mesin diesel modern atau common rail, karena dianggap memiliki kemampuan jelajah yang lebih baik dengan performa tinggi.

Mesin common rail, sistem kerjanya mengandalkan tekanan bahan bakar untuk mengatur ritme pembakaran. Pasokan bahan bakar yang lancar mempercepat proses kompresi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Berkendara dan Isi Bensin Saat Hujan Bisa Lebih Irit?

Sebaliknya, jika sampai ada sumbatan kotoran di aliran bahan bakar, akan gampang mempengaruhi performa mesin keseluruhan. 

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

Tak hanya itu, beberapa juga menganggap common rail sensitif menerima perubahan iklim dan cuaca. Bahan bakar yang tersimpan di tangki rawan membeku. Mesin kendaraan otomatis sulit dihidupkan dan membutuhkan waktu sampai cair kembali. 

Kasus tersebut biasanya dialami pemilik kendaraan saat berkunjung ke daerah-daerah bersuhu di bawah rata-rata.

Belajar dari pengalaman itu pula banyak yang beranggapan musim hujan pun bisa mempengaruhi performa mesin diesel, lantas seperti apa? 

Pakar Konversi Energi Otomotif Universitas Negeri Semarang (Unnes) Widya Aryadi mengatakan, khusus pengguna bahan bakar diesel yang mengandung campuran senyawa kimia biologis mudah terpengaruh faktor cuaca. 

"Kandungan minyak nabati yang ada di dalam bahan bakar gampang membeku karena suhu udara dingin. Saat suhu di bawah titik terendah akan menciptakan gumpalan yang justru berpeluang menyumbat saluran bahan bakar sampai dengan filter solar," kata Widya kepada Kompas.com, Jumat (11/11/2022). 

Baca juga: DFSK Siap Produksi Gelora E di Indonesia Mulai 2023

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.