Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Mau Tambah Produksi Ioniq 5 di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 11/11/2022, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Era kendaraan listrik terus didorong oleh berbagai pihak agar segera terwujud di Indonesia. Sejumlah perusahaan otomotif juga telah mengeluarkan produk berbasis listrik dan bersaing ketat dalam segmen ini.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjadi salah satu pabrikan otomotif yang sudah melakukan persiapan untuk menyambut era elektrifikasi kendaraan.

Baca juga: Saturday French Automobile Meet-Up Kembali Digelar Akhir Pekan Ini

Merbayoga Rio Hastra, External Affairs Manager HMID mengatakan, jika Hyundai Indonesia sudah memiliki fasilitas produksi mobil listrik di pabrik Cikarang sebagai suatu persiapan bisnis di era kendaraan listrik.


“Untuk mobil listrik yang kita produksi di sini adalah Ioniq 5 di mana kita mulai mulai produksi Maret tahun ini dengan total produksi hingga Oktober 2022 yaitu 1.458 unit,” kata pria yang akrab disapa Yoga tersebut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR RI, Rabu (9/11/2022).

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Yoga juga menyebutkan rencana awal Hyundai yaitu produksi mobil listrik sebanyak 1.500 unit di 2022.

Maka dari itu, total produksi mobil listrik saat ini masih dalam tahap proses untuk menuju target yang dibuat.

Kemudian, Hyundai juga berencana untuk produksi mobil lebih banyak di tahun depan. Hanya saja, peningkatan tersebut masih dilakukan studi.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Perpisahannya dengan Honda Tidak dengan Baik-baik

“Untuk jumlah peningkatannya tergantung dari permintaan tren market dan supply komponen,” kata Yoga.

Kemudian terkait dengan komponen dalam negeri (TKDN) sesuai dengan peraturan Presiden No. 55 tahun 2019, Hyundai Ioniq 5 sudah mencapai TKDN 40 persen di 2022.

“Jadi roadmapnya sesuai dengan peraturan tersebut kita akan mencapai TKDN 60 persen pada rentan 2024-2029,” kata Yoga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com