Kompas.com - 11/11/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap World Superbike (WorldSBK) sudah sampai di Mandalika, untuk menjalani seri ke-11. Beberapa pebalapnya tertangkap kamera sedang berjalan-jalan menggunakan skuter matik (skutik).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @gpracingindonesia, disebutkan bahwa rombongan pebalap WorldSBK tersebut terdiri dari Toprak Razgatlioglu, Andrea Locatelli, Loris Baz, Andy Verdoia, dan Jules Cluzel.

Baca juga: Crutchlow Beri Wejangan untuk Toprak Agar Pindah ke MotoGP

Namun, yang menjadi sorotan adalah para pebalap tersebut tidak menggunakan helm saat berkendara di jalan raya. Selain itu, salah satu pebalap tersebut juga melakukan aksi wheelie.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GP Racing Indonesia - GPRI (@gpracingindonesia)

Diketahui pebalap yang melakukan aksi wheelie tersebut adalah Toprak, juara dunia WorldSBK 2021. Pebalap Yamaha ini juga terlihat tidak menggunakan helm.

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 8, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpangnya wajib mengenakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca juga: Komentar Quartararo Usai Lihat Toprak Razgatlioglu Tes Motor MotoGP

Berdasarkan Pasal 290, para pengendara yang tidak memakai helm akan dikenakan denda tilang sebesar Rp 250.000 atau kurungan paling lama satu bulan.

Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak RazgatliogluDok. Brembo Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak Razgatlioglu

Meskipun kondisi jalan raya tersebut terlihat sepi, tapi tidak sepantasnya melakukan aksi akrobatik tersebut di jalan umum, karena membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Sesepi apapun jalan raya, itu tetap saja ruang publik. Idealnya untuk melakukan aksi seperti itu di ruang tertutup, entah di lapangan atau area parkir yang mudah dilakukan sterilisasi,” ujar Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.