Kompas.com - 09/11/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah muncul lewat berbagai rumor, Honda Transalp akhir resmi dikenalkan pada pameran EICMA, di Milan, Italia (8/11/2022). Motor ini menggunakan mesin parallel twin generasi terbaru Honda.

Untuk diketahui, Transalp pertama kali hadir pada 1986 dengan mesin V-twin 583 cc, berkembang menjadi 647 cc tahun 2000 dan kemudian 680 cc untuk versi terakhir pada 2008.

Kini, XL750 Transalp mengusung mesin berkapasitas 755 cc 4 klep dengan langkah pendek dan punya poros engkol 270 derajat.

Baca juga: Juara Dunia WSBK 6 Kali Mencicip Rendang, tapi Kepincut Ayam Pop

Motor baru Honda XL750 Transalpmotorcyclenews.com Motor baru Honda XL750 Transalp

Kombinasi ini menciptakan perintah pembakaran yang tidak merata dan penyaluran tenaga mirip dengan mesin V-twin.

Honda mengklaim, Transalp memiliki tenaga sekitar 67,5 kW atau setara 90 Tk pada 9.500 rpm dan torsi 75 Nm pada 7.250 rpm.

Terdapat alat bantu elektronik dengan Throttle By Wire, yang memungkinkan pengendara untuk memilih di antara 5 mode berkendara: Sport, Standard, Rain, dan Gravel, serta Custom.

Baca juga: Honda Siapkan Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero

Pengendara juga bakal dengan adanya fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Wheelie Control yang terintegrasi.

Beranjak kebagian kaki-kaki, Transalp dibekali dengan garpu depan Showa 43mm SFF-CA TM USD dan sokbreker belakang yang beroperasi melalui Pro-Link. Lalu, roda depan pakai 21 inci, yang dipasangkan dengan roda belakang 18 inci.

Kemudian layar instrumen menggunakan TFT 5 inci yang dengan jelas memasok semua informasi penting dan memungkinkan pengelolaan semua sistem.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Honda XL750 Transalpmotorcyclenews.com Honda XL750 Transalp

Konektivitas tersedia untuk perangkat Android dan iOS melalui sistem Kontrol Suara Smartphone Honda.

Transalp yang dibangun di tempat R&D Honda di Roma menggunakan rangka jenis berlian yang menawarkan pengendalian ringan dan gesit, serta memberikan kepercayaan diri dalam situasi apapun.

Saat ini Honda belum merilis harganya, karena masih menunggu sampai peluncuran resminya pada tahun 2023.

Kabarnya, Transalp akan tersedia dalam tiga warna: Matt Iridium Grey Metallic, Matt Ballistic Black Metallic, dan interpretasi modern dari warna klasik Ross White Tricolour.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.