Penjualan Bekasnya Anjlok, Innova Bensin Tak Semulus Versi Diesel

Kompas.com - 08/11/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova, resmi diluncurkan sejak 2004 lalu dengan tampilan dan fitur lebih mewah dari versi kapsul. 

MPV yang telah memiliki nama besar di Indonesia ini datang dalam dua tipe mesin, yakni bensin 2.000 cc dan diesel 2.500 cc berteknologi common rail

Sampai saat ini, Innova banyak jadi incaran karena menawarkan kenyamanan berkendara, terutama dalam hal akomodasi penumpang. 

Beberapa tahun belakangan, pasar penjualan Innova diramaikan oleh versi diesel yang dianggap tenaganya cocok untuk digunakan melintasi medan jalan di Indonesia. 

Baca juga: Spyshot, Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid

Banyak konsumen yang tergiur karena menilai mesin diesel common rail Innova masih aman di isi bahan bakar solar kualitas rendah. 

Innova Reborn, bisa jadi pilihan untuk mobil MPV bekasDicky Aditya Wijaya Innova Reborn, bisa jadi pilihan untuk mobil MPV bekas

Tak heran bila penjualan di segmen mobil bekas pun cukup besar. Lantas, bagaimana nasib Innova versi bensin sekarang? 

Area Sales Manager Carsentro Semarang Yudi Purwidyantoro mengatakan, harga Innova bensin relatif stabil, tapi penjualannya lesu alias tak seperti versi dieselnya.

"Harga stabil, untuk model Grand Innova bermesin bensin banyak yang bertahan di harga Rp 140-150 juta. Tapi, secara keseluruhan pasarnya kalah dari Innova diesel. Jika mau hitungan kasar, Innova diesel per bulan rata-rata bisa terjual sampai tiga unit," kata Yudi kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022). 

Baca juga: Tanggapi Isu Resesi 2023, Wuling Optimistis Bisa Melewatinya

Harga bekasnya, diklaim terpaut cukup jauh, selisihnya berkisar Rp 10 juta samapi Rp 15 juta. Yudi menjelaskan, varian diesel cenderung diminati konsumen karena dianggap mempunyai efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Innova Diesel bekas harga Rp 230 jutaanDicky Aditya Wijaya Innova Diesel bekas harga Rp 230 jutaan

"Tak ada niat menjatuhkan, tapi kenyataannya Innova diesel lebih diminati karena dianggap menguntungkan. Apalagi setelah harga BBM naik, lumayan ada selisih harga solar dan bensin hampir Rp 4 ribu. Kan jika hitung-hitungan kasar dapatnya diesel unggul," ucapnya. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.