Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Ketahanan Baterai Mobil Hybrid?

Kompas.com - 07/11/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dibekali baterai kecil untuk menghidupkan mesin pada saat awal jalan, mobil hybrid juga punya baterai besar yang digunakan menggerakkan motor listrik.

Baterai mobil hybrid bisa dibilang memiliki harga yang tidak murah, pasalnya baterai ini mampu menampung arus listrik cukup besar.

Maka dari itu, tidak heran orang berpikir dua kali untuk membeli mobil hybrid karena harga baterainya cukup mahal. Lantas, berapa lama sih ketahanan baterai mobil hybrid?

Baca juga: Cara Agar Baterai pada Mobil Hybrid Berusia Panjang

Teknologi hybrid pada Wuling Almaz HybridDok. Wuling Teknologi hybrid pada Wuling Almaz Hybrid

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan usia baterai pada mobil hybrid bisa sangat lama bila dirawat dengan baik, sebaliknya bila tidak dirawat maka usianya akan pendek.

“Lama ketahanan baterai pada mobil hybrid tergantung dengan pemakaian, perawatan dan penggantian aki kecilnya, jika itu dilakukan umurnya bisa panjang,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Dia mengatakan bila mobil hybrid jarang dipakai maka baterai akan cenderung kurang arus listrik, itu bisa memperpendek usia baterai.

Baca juga: Ini Perawatan yang Harus Dilakukan pada Mobil Hybrid

New Toyota C-HR Hybrid TSSTAM New Toyota C-HR Hybrid TSS

“Maka dari itu, mobil hybrid jangan sampai dianggurkan atau lama tidak dipakai demi menjaga ketahanan baterai,” ucap Didi.

Selain itu, baterai tersebut juga perlu dirawat terutama pada bagian pendinginnya.

“Baterai mobil hybrid memiliki pendingin khusus dengan memanfaatkan udara, nahb itu ada saringan udara yang perlu dibersihkan setiap servis, sehingga tidak ada kotoran yang menghambat udara pendingin,” ucap Didi.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hybrid Bekas, Mulai Rp 188 Jutaan

Test drive Wuling Almaz HybridKompas.com/Sendy Test drive Wuling Almaz Hybrid

Selain itu, Didi juga mengatakan ketahanan baterai mobil hybrid dipengaruhi dari penggantian aki kecil bila komponen tersebut sudah soak.

“Aki kecil perlu diganti dengan yang OEM, karena baterai ini memiliki desain khusus sealed dan memiliki selang pembuangan uap asam yang dihasilkan oleh aki, jika aki ini diganti dengan yang biasa maka uap asam dari aki bisa membuat konektor korosi yang lama-lama merusak baterai besarnya,” ucap Didi.

Jadi, ketahanan baterai pada mobil hybrid sangat tergantung dengan pemakaian, perawatan dan penggantian aki kecilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com