Adu Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid Vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Kompas.com - 08/11/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz Hybrid menjadi penantang baru di segmen mobil hybrid. Dilihat dari spesifikasinya, mobil ini akan bersaing langsung dengan Toyota Corolla Cross Hybrid.

Kedua mobil ini sama-sama berada di segmen medium SUV. Secara dimensi, Almaz Hybrid memiliki ukuran yang lebih besar. Namun, kapasitas penumpangnya berbeda, dengan Almaz Hybrid tujuh penumpang dan Corolla Cross Hybrid lima penumpang.

Baca juga: Alasan Wuling Pakai Mesin 2.0 L Non-turbo untuk Almaz Hybrid

Almaz Hybrid memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm, serta jarak sumbu rodanya 2.750 mm. Sedangkan Corolla Cross Hybrid, panjangnya 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.640 mm.

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

Sedangkan spesifikasi mesinnya, Almaz Hybrid dibekali dengan mesin 1.999 cc (2.0 L), non-turbo, dan 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan mencapai 123 tk pada 5.600 rpm dan torsi 168 Nm pada rentang 4.000 rpm hingga 4.400 rpm.

Untuk motor listriknya, dapat menghasilkan tenaga hingga 174 tk dan torsi 320 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan motor listriknya disalurkan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Baca juga: Skema Cicilan Wuling Almaz Hybrid, Mulai Rp 8 Jutaan

Sementara spesifikasi mesin Corolla Cross Hybrid, mengandalkan mesin berkapasitas 1.789 cc (1.8 L), non-turbo, 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96,6 tk pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Mesin Wuling Almaz HybridKompas.com/Adityo Mesin Wuling Almaz Hybrid

Motor listriknya menyimpan tenaga sebesar 71 tk dan torsinya mencapai 162,7 Nm. Tenaga yang dihasilkan dari kedua sumber tenaga tersebut disalurkan melalui Continuous Variable Transmission (CVT).

Jika dibandingkan dari data spesifikasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan, Almaz Hybrid memiliki tenaga dan torsi yang jauh lebih unggul. Memang dari kapasitas mesin, Corolla Cross Hybrid juga lebih kecil.

Toyota Corolla Cross Hybrid 2023Dok. Motor1.com Toyota Corolla Cross Hybrid 2023

Meski demikian, Almaz Hybrid dibanderol lebih murah, yakni Rp 470 juta (OTR Jakarta), karena sudah diproduksi secara lokal. Sementara Corolla Cross Hybrid, harganya Rp 540,9 juta (OTR Jakarta), karena diimpor secara utuh dari Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.