Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pakai Ban dan Pelek Lebar Bikin Tarikan Motor Berat?

Kompas.com - 06/11/2022, 14:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kesan modifikasi motor sport belum lengkap jika tidak menggunakan pelek dan ban lebih lebar. Sebab aplikasi ban lebar membuat tampilan motor jadi lebih kekar.

Kendati demikian pelek dan ban lebar juga membuat bobot motor bertambah. Konsekuensi yang ditanggung pengendara ialah tarikan dan daya lincah alias pengendalian jadi motor berkurang.

Baca juga: Promo Honda di IMOS 2022, Beat Diskon Rp 900.000, PCX Rp 500.000

Ilustrasi booth Honda di GIIAS 2022 yang menampilkan CBR150R dan CBR250RRKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Honda di GIIAS 2022 yang menampilkan CBR150R dan CBR250RR

Yusa Firdaus, modifikator dari bengkel 902 Garage mengatakan, pelek dan ban lebar bikin motor berat itu benar tapi bisa juga mitos. Terpenting ialah mengerti cara yang benar dalam aplikasinya.

“Tidak selamanya pakai ban lebar, dan pelek besar itu berat. Tinggal kita mengondisikan merek, dan merek apa yang kita pakai," kata Yusa di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, Jumat (6/11/2022).

"Misalnya ban dari Pirelli, kalau kita pakai ban Diablo Super Corsa yang soft itu. Saya pernah ditimbang berat bobotnya ukuran 180 yang biasa dipakai di superbike, itu lebih enteng dari ban ukuran aslinya yang 150,” kata dia.

Booth ban motor FDR di Jakarta Fair Kemayoran 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth ban motor FDR di Jakarta Fair Kemayoran 2022

Baca juga: Ini Rahasia Honda WR-V Lebih Kedap

Kemudian untuk pelek, kata Yusa, saat ini sudah banyak pelek berbahan carbon yang ringan dan dijual di pasar. Hanya balik lagi ke kantung pengendara sebab ada kualitas ada harga.

“Kalau untuk pelek banyak pelek yang saat ini sudah ada di pasaran, mungkin dari segi bobot enteng cuma harganya yang lebih mahal. Jadi tidak selamanya ganti pelek lebar dan ban besar itu berat,” kata dia.

Kalaupun memang masih berat kata Yusa, maka jalan lainnya tingkatkan performa motor. Tujuannya supaya perbandingan antara berat motor yang baru dan tenaga yang dihasilkan seimbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.