Kompas.com - 06/11/2022, 08:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Avenis 125 meluncur tanpa seremonial khusus belum lama ini. Skutik entry level dengan harga nyaris Rp 30 juta ini akan jadi senjata baru Suzuki menggedor skutik kelas 125cc.

Di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, Suzuki membawa Avenis 125 untuk diperkenalkan kepada publik. Suzuki juga membawa unit tes sehingga pengunjung yang tertarik bisa menjajal motor dari India tersebut.

Baca juga: Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 151,4 Juta Unit

Kompas.com yang sudah penasaran dengan lawan TVS Ntorq itu itu pun mendaftar untuk menjajal Avenis 125 di fasilitas test ride IMOS 2022, di parkiran lantai 2 di gedung depan Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.Foto: KOMPAS.com/Adityo Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.

Pertama melihat Avenis 125 langsung teringat dengan TVS Ntorq 125. Bentuk lampu depan tunggal besar di bagian tengah dengan posisi sedikit di bawah seperti Ntorq 125. Kemudian sein di batok setang juga serupa.

Melihat langsung desain Avenis 125 cukup sporty dengan banyak garis tegas. Bagian belakang alias bokongnya besar, dengan bentuk lampu setop yang cukup penuh dan ban belakang yang kecil.

Pertama naik jok Avenis 125 terasa jok empuk dan dapat menyokong dengan baik. Posisi tangah serta kaki di dek cukup nyaman. Posisi dengkul aman tidak mentok dek depan untuk postur orang di bawah 170 cm.

Baca juga: Modifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev Bergaya Retro Modern

Memasuki akhir tahun 2022, Suzuki resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125.KOMPAS.com/Gilang Memasuki akhir tahun 2022, Suzuki resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125.

Starter dinyalakan suara Avenis 125 terasa seperti saudaranya yang lain, suara mesin yang ringan. Berbeda dengan Ntorq 125 yang sedikit lebih ngebas.

Gas diputar dan motor melajut, hal yang pertama dirasakan ialah setang yang enteng dan motor terasa bakal lincah dikendarai. Benar saja, motor terasa ringan dan nyaman untuk meliuk di tengah kun yang dibuat panitia.

Baca juga: Manjakan Konsumen, Yamaha Tambah Program Baru

Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.Foto: KOMPAS.com/Adityo Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.

Tarikannya juga enteng can cukup resposnif. Namun Kompas.com hanya bisa merasakan sebatas itu sebab terganjal ruang test ride yang sempit, dan dibuat banyak meliuk agar muat dengan ruangan.

Wajar memang sebab pada dasarnya tidak ada fasilitas test ride dadakan yang bakal menyimulasikan kondisi jalan raya sebaik kondisi jalan asli.

Kesimpulan pertama menjajal Avenis 125 ialah tarikan mesin enteng, setang dan bodi terasa ringn dan nyaman dipakai meliuk. Bakal cocok buat dibawa harian melewati jalan macet dan butuh stop and go.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.