Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2022, 07:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri terakhir MotoGP 2022 akan berlangsung di GP Valencia, Spanyol, Minggu (6/11/2022), malam nanti pukul 20.00 WIB.

Balapan final musim ini akan jadi penentuan gelar juara dunia antara Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo.

Di atas kertas, Pecco Bagnaia tinggal selangkah lagi merebut gelar musim ini. Pebalap Ducati itu menduduki puncak klasemen dengan 258 poin, unggul 23 poin dari Quartararo yang berada di posisi kedua.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2022, Jorge Martin Pole Position

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kanan) melakukan sesi foto bersama dengan sang pesaing terdekat dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kanan) menjelang balapan penentu, MotoGP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kanan) melakukan sesi foto bersama dengan sang pesaing terdekat dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kanan) menjelang balapan penentu, MotoGP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).

Ada beberapa skenario Pecco bisa juara dunia. Pertama jika hanya dengan finis di posisi ke-14 atau lebih tinggi, atau finis ke-15 sedangkan Quartararo tidak menang.

Artinya, Pecco Bagnaia cukup balapan dengan aman dan tidak mengambil risiko untuk menghindari kemungkinan crash.

Pecco bakal mencetak beberapa sejarah jika menjadi juara dunia MotoGP 2022. Dia akan jadi pebalap Italia pertama yang mampu menjadi juara dunia bersama Ducati sejak MotoGP era modern.

Kedua dia jadi pebalap Italia yang menjadi juara dunia era MotoGP setelah Valentino Rossi. Ketiga dia jadi pebalap kedua yang mempersembahkan gelar buat Ducati setelah terakhir diberikan Casey Stoner pada 2007.

Baca juga: Modifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev Bergaya Retro Modern

Francesco Bagnaia mencium trofi setelah meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Bagnaia kini selangkah lagi dekat dengan titel juara dunia MotoGP 2022. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)AFP/MOHD RASFAN Francesco Bagnaia mencium trofi setelah meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Bagnaia kini selangkah lagi dekat dengan titel juara dunia MotoGP 2022. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)

Meski terpaut selisih jauh, Quartararo masih ada peluang untuk jadi juara dunia tapi tipis. Dia bisa mempertahankan gelar juara dunia, jika menang balapan tapi Bagnaia finis ke-15 atau urutan lebih rendah.

Seperti balapan sebelumnya, MotoGP Valencia akan diawali dengan sesi latihan bebas atau free practice (FP) pertama dan kedua pada Jumat setelah itu, FP3, FP4 dan kualifikasi pada Sabtu dan balapan Minggu (6/11/2022).

Berikut ini jadwal MotoGP Valencia 2022:

Minggu (29/5/2022)

  • Race Moto3: 17.00
  • Race Moto2: 18.20
  • Race MotoGP: 20.00
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.