Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skenario Bagnaia Jadi Juara Dunia di GP Valencia, Cukup Main Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri terakhir MotoGP 2022 akan berlangsung di GP Valencia, Spanyol, Minggu (6/11/2022), malam nanti pukul 20.00 WIB.

Balapan final musim ini akan jadi penentuan gelar juara dunia antara Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo.

Di atas kertas, Pecco Bagnaia tinggal selangkah lagi merebut gelar musim ini. Pebalap Ducati itu menduduki puncak klasemen dengan 258 poin, unggul 23 poin dari Quartararo yang berada di posisi kedua.

Ada beberapa skenario Pecco bisa juara dunia. Pertama jika hanya dengan finis di posisi ke-14 atau lebih tinggi, atau finis ke-15 sedangkan Quartararo tidak menang.

Artinya, Pecco Bagnaia cukup balapan dengan aman dan tidak mengambil risiko untuk menghindari kemungkinan crash.

Pecco bakal mencetak beberapa sejarah jika menjadi juara dunia MotoGP 2022. Dia akan jadi pebalap Italia pertama yang mampu menjadi juara dunia bersama Ducati sejak MotoGP era modern.

Kedua dia jadi pebalap Italia yang menjadi juara dunia era MotoGP setelah Valentino Rossi. Ketiga dia jadi pebalap kedua yang mempersembahkan gelar buat Ducati setelah terakhir diberikan Casey Stoner pada 2007.

Meski terpaut selisih jauh, Quartararo masih ada peluang untuk jadi juara dunia tapi tipis. Dia bisa mempertahankan gelar juara dunia, jika menang balapan tapi Bagnaia finis ke-15 atau urutan lebih rendah.

Seperti balapan sebelumnya, MotoGP Valencia akan diawali dengan sesi latihan bebas atau free practice (FP) pertama dan kedua pada Jumat setelah itu, FP3, FP4 dan kualifikasi pada Sabtu dan balapan Minggu (6/11/2022).

Berikut ini jadwal MotoGP Valencia 2022:

Minggu (29/5/2022)

  • Race Moto3: 17.00
  • Race Moto2: 18.20
  • Race MotoGP: 20.00

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/06/072100715/skenario-bagnaia-jadi-juara-dunia-di-gp-valencia-cukup-main-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke