Kompas.com - 03/11/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai tahun depan PT Astra Honda Motor (AHM) bersiap meluncurkan motor listrik barunya. Rencananya, ada dua model pada 2023, dua model pada 2024, dan tiga model setelah 2024.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM, mengatakan, produksi motor listrik akan memanfaatkan fasilitas pabrik yang sudah ada saat ini.

“Lagi di-develop. Sudah di ujung, tenang. Semua, dari sisi teknologi baterainya, karena ini baterainya sudah pakai teknologi yang terbaru ya,” ujar Thomas di Jakarta (2/11/2022).

Baca juga: 2 Motor Listrik Baru Polytron, Dijual Rp 16 Jutaan

Baterai motor listrik Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Honda U-GO

Ia juga mengatakan, pihaknya bakal menyediakan dua pilihan jenis baterai untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Seperti diketahui, AHM juga memamerkan konsep Honda e:Technology yang memberikan pilihan pengisian daya ulang motor listriknya dengan cara pengisian langsung (direct charging) dan tukar/penggantian (swapping battery).

“(Jenis baterai) dua-duanya. Karena orang Indonesia kan ada yang pemakaian jarak dekat dan sebagainya. Mungkin dia lebih nyaman dengan direct charging,” ucap Thomas.

“Maupun swap station. Swap station nanti akan kayak gini. Tapi konsumen juga bisa direct charging,” kata dia.

Baca juga: World Premiere, Honda WR-V Resmi Hadir untuk Pasar Indonesia

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, mengatakan, pihaknya tengah melakukan persiapan motor listrik dari sisi pengembangan produk hingga penjualannya nanti.

“Ya persiapannya kita lagi develop, kita lagi siapkan. Termasuk warranty, after sales, keamanan dan kita juga siapkan recycle-nya,” kata Loman, pada kesempatan yang sama.

“Karena itu penting, makanya saya bilang tidak bisa cepat karena kita memang harus menyiapkan semuanya,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.