Kompas.com - 03/11/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Indo Defense Expo & Forum di JI Expo Kemayoran, PT Pindad (Persero) turut meramaikan dengan membawa prototipe motor listrik dengan nama Moto EV.

Motor tersebut memiliki desain yang berbeda dibanding dengan yang dibawa Pindad saat ajang WSBK Mandalika tahun lalu. Kali ini, desain motornya tampak dibuat untuk jalan aspal dibanding model supermoto.

Tampak di bagian depan, lampunya ganda, dua lingkaran yang memakai LED. Kemudian kaki-kaki depan, sudah dilengkapi dengan suspensi upside down, pelek jari-jari dan ban jalan raya.

Baca juga: Sertifikasi Uji Tipe Pindad Maung Terkendala Izin dari Toyota

Prototipe motor listrik Pindad Moto EVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Prototipe motor listrik Pindad Moto EV

Pada bagian dasbor, sudah memakai instrumen cluster full digital yang menampilkan kecepatan, besaran tenaga yang digunakan, odometer dengan fitur trip, posisi gigi, dan suhu baterai.

Sedangkan di bagian samping, ada bodi yang cukup besar dimensinya untuk menutup baterai dan motor listrik. Moto EV Pindad ini memiliki baterai 72V 50Ah, diklaim bisa menempuh jarak sampai 130 Km.

Untuk motor listriknya, menghasilkan tenaga 5 kW dan torsi 30 Nm sampai 38 Nm. Memang, tenaga dan torsi ini bisa didapatkan sejak putaran gas dibuka.

Baca juga: Terbukti Kartel, Honda dan Yamaha Akhirnya Bayar Denda

Prototipe motor listrik Pindad Moto EVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Prototipe motor listrik Pindad Moto EV

Riovan, Developer Engineering PT Pindad (Persero) menjelaskan, Moto EV ini masih prototipe dan tunggu sertifikasi. Saat ini peruntukannya masih sebagai kendaraan taktis, terutama untuk Kementerian Pertahanan.

"Moto EV rencananya digunakan untuk patroli, makanya ditargetkan punya jarak tempuh yang jauh," kata Rio kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Rio kembali menegaskan, Moto EV masih prototipe, nantinya akan ada penyempurnaan di bagian desain maupun performa.

Berikut spesifikasi Moto EV buatan Pindad:

Tenaga: 5 kW
Kecepatan Maksimum: 80 kpj
Torsi: 30-38 Nm
Baterai:72V 50Ah
Panjang: 1.975 mm
Lebar: 865 mm
Tinggi: 1.335 mm
Ground Clearance: 200 MM
Berat: 90 kg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.