Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air ev

Kompas.com - 31/10/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mobil listrik yang banyak diminati sekarang ini adalah Wuling Air ev. Namun, tak sedikit juga yang masih ragu untuk meminangnya.

Untuk itu, Kompas.com sudah mengetes Air ev selama beberapa hari untuk menggali lebih dalam kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil listrik ini.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Air ev, maka konsumen bisa memiliki referensi lebih baik sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik yang sudah diproduksi secara lokal ini.

Baca juga: Begini Cara Mengecas Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev yang Benar

Sekarang ini, Wuling membanderol Air ev dengan Rp 238 juta (OTR Jakarta) untuk Standard Range. Sedangkan Long Range, harganya Rp 295 juta (OTR Jakarta). Untuk Long Range with Charging Pile, harganya Rp 311 juta (OTR Jakarta).

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil listrik Wuling Air ev:

Kelebihan

1. Dimensi Kompak
Dilihat dari dimensinya, mobil ini ukurannya sangat kompak. Air ev memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm.

Dengan begitu, mobil ini cukup lincah untuk digunakan berkendara harian di perkotaan. Saat diajak bermanuver di tengah kemacetan atau melewati jalan yang sempit, Air ev bisa dikatakan cukup andal.

Baca juga: Wuling Sebut Masalah Air EV Sudah Selesai, Bukan dari Komponen Baterai

2. Kabin Cukup Luas
Meskipun dimensinya cukup kompak, tapi kabinnya ternyata cukup lapang. Mobil listrik ini mampu menampung empat orang dewasa.

Bangku di baris depan juga cukup leluasa untuk diatur. Penumpang yang di belakang juga masih memiliki cukup ruang gerak. Tapi, untuk penumpang dengan postur di atas 170 cm, mungkin agak sedikit kurang nyaman, karena pergerakannya terbatas.

3. Bisa Dicas di Mana Saja
Salah satu nilai jual Air ev yang selalu digembar-gemborkan adalah mobil ini bisa dicas di mana saja. Wuling juga menyertakan portable charger, sehingga mobil ini bisa dicolok di mana saja.

Tapi, jangan lupa, minimal daya yang dibutuhkan untuk mengecas Air ev adalah 2.200 watt. Jika ada tambahan alat-alat listrik lainnya, maka proses pengecasannya menjadi tidak optimal.

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

4. Daya Jelajah Jauh
Air ev hadir dengan dua varian, yakni Standard Range dan Long Range. Untuk Standard Range, dibekali dengan baterai 17,3 kWh yang mampu menjelajah hingga 200 kilometer. Sedangkan Long Range, baterainya berkapasitas 26,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Untuk penggunaan dalam kota, kapasitas tersebut sudah cukup irit. Apalagi, jika kegiatan mobilisasi setiap harinya hanya berkisar 50 kilometer.

5. Baterai Anti Air
Wuling memiliki baterai yang cukup andal dan cocok untuk karakter jalanan perkotaan yang terkadang digenangi banjir. Untuk itu, baterainya sudah dibuat tahan air dengan sertifikasi IP67.

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com