Kompas.com - 29/10/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Sayangnya, masih banyak pemiliknya yang belum paham cara kerja dan fungsi dari fitur tersebut.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade menjelaskan, fitur HSTC berfungsi membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang.

Dengan demikian, potensi terjadinya ban selip saat berkendara dapat dihindari.

Baca juga: Recall PCX 160 Bukan yang Pertama, AHM Juga Pernah Tarik PCX 150

“Saat ini, fitur HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, Honda CBR 1000RR, Honda X-ADV 750, Honda Forza, Honda PCX 160, dan Honda ADV 160,” ujar Ade, dalam keterangan resminya, Sabtu (29/10/2022).

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/GILANG SATRIA Test ride Honda ADV 160

Untuk cara kerjanya, HSTC akan otomatis aktif pada beberapa model motor Honda, seperti PCX 160 dan ADV 160. Ketika kunci kontak diputar ke posisi on, fitur itu akan langsung menyala.

Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa dimatikan. Caranya, cukup menekan tombol multi switch yang sudah disediakan pada motor tersebut.

Baca juga: [VIDEO] Kupas Tuntas Plus Minus Honda ADV 160

Sementara di beberapa model tipe Big Bike, pengendara bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan tombol yang ada di bagian setang sepeda motor sebelah kiri ke posisi on.

Hoonda PCX 160 sudah dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau kontrol traksiDok. AP Honda Hoonda PCX 160 sudah dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau kontrol traksi

Namun, jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa dimatikan dengan menekan tombol tersebut ke posisi off.

“Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat sepeda motor sedang melaju. Namun, alangkah baiknya dilakukan saat posisi sepeda motor sedang berhenti,” kata Ade.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.