Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2022, 07:12 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Jajaran skutik entry level Yamaha kehilangan salah satu produk andalannya. Per Oktober 2022, Yamaha Mio S resmi discontinue atau tidak dilanjutkan penjualannya.

Asst GM Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan, sudah tidak terdapat di lini produk Yamaha.

“Kita selalu meng-upgrade produk itu bukan hanya sekadar model tapi juga warna. Kemudian kita juga lihat mana yang memang diinginkan oleh pasar,” ujar Antonius, kepada wartawan di Bogor (25/10/2022).

Baca juga: Impresi Awal Jajal Motor Listrik Yamaha E01, Rasanya Mirip Naik NMAX

Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Mio S.

“Jadi perubahan produk, mengganti produk, atau mengeluarkan produk baru itu bagian dari inovasi dan jawaban atas kebutuhan konsumen,” kata dia.

Untuk diketahui, Yamaha meluncurkan Mio S pada Oktober 2017. Kemudian, pabrikan berlogo garpu tala ini terakhir kali menyegarkan Mio S pada Maret 2019.

Semenjak itu, bisa dibilang skutik ini minim promosi. Terakhir pada September 2022, Mio S masih dijual dengan banderol Rp 17.050.000. Secara segmentasi, Mio S berada di level yang sama dengan Mio M3.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya

Adapun di kelas entry level, saat ini Yamaha lebih berfokus dengan Mio M3, Fino, X-Ride, Gear 125, Freego, hingga Fazzio. Tercatat, Mio S jadi produk ketiga yang dihentikan penjualannya pada tahun ini, setelah Mio Z dan Soul GT. 

“Itu wajar sekali, umum sekali. Kan enggak semata-mata ada produk yang discontinue, kemudian produk itu dicap gagal, enggak seperti itu. Karena perubahan itu tetap ada,” ucap Antonius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.