Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye untuk mengurangi polusi udara dilakukan negara-negara Uni Eropa. Salah satunya dengan melarang penjualan mobil bermesin pembakaran internal atau konvensional.

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (29/10/2022), penjualan mobil konvensional akan mulai dilarang pada 2035. Dengan demikian, pabrikan diharapkan hanya menjual mobil tanpa emisi.

Kebijakan ini tentunya akan memaksa konsumen untuk menggunakan kendaraan elektrik. Kendaraan konvensional juga tidak akan bisa lagi didaftarkan di negara-negara Uni Eropa.

Baca juga: Begini Cara Mengecas Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev yang Benar

Mobil listrik MiniDok. Carscoops.com Mobil listrik Mini

"Ini adalah awal dari transisi besar Uni Eropa," ujar Jan Huitema, politisi Belanda sekaligus anggota Parlemen Eropa.

Selain itu, para produsen mobil juga diminta menekan polusi secara drastis. Mulai 2030, emisi CO2 yang dihasilkan mobil baru harus dipangkas hingga 55 persen.

Baca juga: Mobil Listrik Jangan Dicas Sampai 100 Persen Malah Tidak Efisien

"Produsen otomotif di Eropa sudah terbukti mereka siap untuk melangkah, dengan meningkatnya mobil listrik terjangkau yang masuk pasaran," kata Frans Timmermans, Wakil Presiden Komisi Eropa.

Jerman sebelumnya angkat berbicara menentang undang-undang tersebut, berdasarkan fakta bahwa mesin konvensional masih akan melayani sektor yang sangat khusus.

Beberapa negara Eropa lainnya juga menentang larangan tersebut, tetapi tampaknya berbagai protes tidak didengarkan.

Mobil listrik BMW iX jadi kendaraan dinas kepolisianDok. BMW Mobil listrik BMW iX jadi kendaraan dinas kepolisian

CEO BMW sekaligus Presiden Asosiasi Manufaktur Automobil Eropa, Oliver Zipse, mengatakan, keputusan itu sebagai keputusan yang jauh jangkauannya.

"Akan berbahaya untuk melepaskan teknologi di mana Anda memiliki posisi pasar global. Saya tidak berpikir itu akan membantu iklim atau siapa pun," kata Zipse.

Sementara itu, negara bagian California, Amerika Serikat, juga akan melarang penjualan mobil konvensional mulai 2035. Namun tak langsung dengan melarang seperti yang dilakukan Eropa. 

Baca juga: Innova Hybrid Pakai Platform TNGA dan Fitur Sunroof

Foto stok: Pengisian daya mobil listrikKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Pengisian daya mobil listrik

California akan melakukannya secara bertahap. Pada 2026, hanya 35 persen mobil baru yang dijual harus bebas emisi. Pada 2030, akan meningkat menjadi 68 persen. Lalu, pada 2035 baru akan menjadi 100 persen. Kabarnya, New York akan mengikuti langkah yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com