Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha YZR-M1 masih memiliki banyak kelemahan, khususnya soal tenaga dan top speed. Untuk itu, Yamaha mengandalkan Cal Crutchlow sebagai test rider untuk memperbaikinya pada sesi tes privat di Jerez, Spanyol.

Pebalap asal Inggris tersebut akan menjalani sesi tes pekan ini di Sirkuit Jerez. Yamaha sendiri akan membawa empat mesin dengan spesifikasi yang berbeda untuk M1 versi 2023.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Malaysia, Cal Crutchlow Jadi Pebalap Tercepat

Soal top speed, M1 versi 2023 dinilai sudah mengalami peningkatan. Fabio Quartararo juga memberikan komentar positif terkait top speed M1.

Cal Crutchlowtwitter/@rnfracingteam Cal Crutchlow

"Arahnya adalah kami butuh tenaga lebih dan top speed yang lebih kencang. Tapi, menurut saya, kami butuh hal lainnya lagi," ujar Crutchlow, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (27/10/2022).

Crutchlow menambahkan, untuk bisa meningkatkan performa motor tidak bisa dicapai hanya dalam satu pekan. Apalagi, dalam pengetesan di Jerez, Crutchlow harus mengetes empat mesin berbeda.

Baca juga: Crutchlow Sebut Yamaha M1 Sekarang Sulit Dikendalikan

"Kami harus bisa membangun motor yang bisa kencang jika digunakan pebalap lain. Kami harus bisa bersaing dengan pebalap lain," kata Crutchlow.

Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021Gold and Goose Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021

Menurutnya, Yamaha hanya kencang jika melaju sendirian di trek. Tapi, jika motor dikeliling pebalap lain, maka M1 akan sulit untuk melaju dengan maksimal.

"Tidak masalah apakah mesin, sasis, cengkraman ban, kami lambat di trek lurus. Sulit untuk bertahan ketika bersama pebalap lain, sangat sulit," ujarnya.

Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP AustriaGold and Goose Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Austria

Crutchlow mengatakan, Quartararo meraih kemenangannya di musim ini dengan melaju sendirian di depan. Untuk itu, dia juga harus kompetitif jika berada dalam grup bersama pebalap lain.

Crutchlow akan melakukan tes untuk Yamaha M1 versi 2023. Setelah itu, motor akan diberikan pada Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli untuk dites, usai MotoGP Valencia 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.