Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Pegang Setir Mobil, Seperti Pegang Payung

Kompas.com - 27/10/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara memegang setir mobil menjadi salah satu aspek saat berkendara. Kendati terlihat sepele, posisi memegang setir yang tidak tepat akan membuat mobil sulit dikendalikan.

Tidak hanya itu saja, salah teknik memegang setir mobil akan membuat pengendara alami cedera.

Baca juga: Kapolri Minta Bisa Langsung Mengulang Saat Gagal Ujian SIM

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan jika salah salah memegang setir saat mengendarai mobil akan membuat jari atau bahu pengendara bermasalah.


“Yang bisa cedera adalah jari tangan atau bahu pengemudi ketika bermanuver berbelok. Jadi posisi tangan mengambil haluan dari dalam lingkar setir, tepatnya ketika terjadi stuck putaran setir akibat ban tersangkut atau melewati lubang,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Sony menyarankan bagi para pengemudi, cara pegang setir mobil yang baik adalah seperti memegang payung. Posisi seperti memegang payung artinya jempol menghadap ke atas.

Ilustrasi pengendara yang mengendarai mobil pada cuaca ekstrem. DOK. Shutterstock. Ilustrasi pengendara yang mengendarai mobil pada cuaca ekstrem.

“Jempol menghadap keatas dan 4 jari merangkul grip steer. Posisi tangan kiri dan kanan berseberangan di steer. Jika diasumsikan seperti jarum jam menunjukan angka 9 dan 3,” kata Sony.

Baca juga: Serbuan Motor Listrik China Saat Ini, Beda dengan Mocin Zaman Dulu

Untuk mencegah risiko cedera serius pada pengemudi serta penumpang, memegang setir saat memutar juga diperlukan teknik yang tepat.

Sony menyebutkan jika pengemudi bisa menggunakan dua teknik setir. Kedua teknik putar setir tersebut ialah Hand Over dan Pull and Push atau teknik tarik dan dorong.

“Secara prinsip kedua teknik ini tanga memutar dari arah luar steer,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.