Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crutchlow Sebut Yamaha M1 Sekarang Sulit Dikendalikan

Kompas.com - 15/10/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cal Crutchlow musim ini menjadi pebalap reguler, menggantikan Andrea Dovizioso yang pensiun lebih awal. Meski demikian, Crutchlow tetap menjalankan tugasnya sebagai test rider Yamaha.

Belakangan ini, Crutchlow sedang sibuk-sibuknya mengetes YZR-M1. Menurutnya, motor tersebut masih banyak kekurangannya.

Crutchlow mengatakan, dia berharap bisa meningkatkan kemampuan motor di beberapa area sebelum para pebalap Yamaha mencobanya.

Baca juga: Cal Crutchlow Punya Jadwal Padat pada MotoGP Australia

"Mereka baru mengendarainya sekali dan itu di trek dengan grip yang tinggi, tidak ada masalah. Kami menemukan di sirkuit lainnya, lebih banyak masalah, tapi banyak juga positifnya," ujar Crutchlow, dikutip dari Crash.net, Sabtu (15/10/2022).

Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021Gold and Goose Cal Crutchlow saat balapan pada MotoGP Styria 2021

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli memberikan umpan balik yang positif setelah mencoba Yamaha M1 pada sesi tes di Sirkuit Misano bulan lalu.

Tapi, Crutchlow yang memimpin pengembangan mesin yang baru justru fokus pada pengendalian motor. Sebab, menurutnya motor masih sulit dikendalikan.

"Apa yang mereka inginkan adalah tenaga yang lebih dan top speed yang lebih dan mereka mendapatkannya. Tapi, saya pikir itu belum cukup," kata Crutchlow.

Baca juga: Crutchlow Beri Wejangan untuk Toprak Agar Pindah ke MotoGP

Menurutnya, yang paling penting adalah bagaimana kemampuan motor saat dikendalikan. Jika dibandingkan dengan YZR-M1 pada 2012 dan 2013, motor tersebut bisa dikendarai dengan satu tangan. Tapi, sekarang mustahil melakukannya dengan motor yang sekarang.

Cal Crutchlow saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021Dok. Yamaha Motor Cal Crutchlow saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021

"Menurut saya, mereka perlu membuat motor menjadi lebih mudah dikendalikan, lebih stabil, dan saya memiliki ide besar untuk bisa mendapatkannya. Tapi, tidak mudah untuk meyakinkan mereka untuk melakukannya, karena itu bukan hal kecil," ujarnya.

Terlepas dari segala kekurangannya, Yamaha M1 masih merupakan motor pemenang yang bisa unggul di klasemen sementara. Masalahnya, Yamaha M1 saat ini hanya bagus untuk Quartararo saja.

"Saya optimistis tentang apa yang akan mereka bawa. Mereka bekerja keras. Sejujurnya, saya belum pernah melihat Yamaha bekerja sekeras ini dan saya belum pernah melihat Yamaha benar-benar melakukannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com