Kompas.com - 26/10/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman pada kendaraan jadi faktor penting untuk keselamatan di jalan. Apalagi saat ini, teknologi yang disematkan untuk pengereman sudah semakin canggih dan modern.

Pada kesempatan kali ini, Kompas Otomotif Challenge kembali hadir dan melakukan komparasi lima MPV murah di Indonesia. Peserta yang mengikuti tantangan ini, yaitu Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga Hybrid.

Sebelumnya, sudah dibahas komparasi dari akselerasi dan kesenyapan kabin dari lima mobil di atas. Kali ini, redaksi Kompas.com akan mengetes kemampuan pengereman dari kelima mobil tersebut.

Baca juga: Tes Kesenyapan 5 LMPV Terlaris, Siapa Paling Senyap?

Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki ErtigaKompas.com Komparasi LMPV - Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga

Untuk pengetesan dilakukan di area tertutup, tepatnya di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat. Ada beberapa parameter yang dilakukan pada pengetesan performa pengereman.

Pertama, semua mobil menggunakan tekanan udara ban yang sama, yakni 38 psi. Kemudian mobil akan direm secara keras (hard braking) dari kecepatan 60 Kilometer per jam (kpj) sampai berhenti atau 0 Kpj.

Baca juga: Jawaban Resmi Hyundai Indonesia Soal Baterai Ioniq 5 yang Bermasalah


Maka hasilnya adalah seberapa jauh (meter) mobil dapat berhenti dari kecepatan tersebut. Alat pengukuran yang digunakan adalah racelogic yang terhubung dengan GPS.

Komparasi Mitsubishi Xpander dan Hyundai StargazerKompas.com/AdityoWisnu Komparasi Mitsubishi Xpander dan Hyundai Stargazer

Berikut hasil pengetesan kemampuan pengereman lima MPV murah:

Hyundai Stargazer Prime

Sistem Pengereman: Depan cakram, belakang tromol
Ukuran Ban: 205/55 R16
Peranti Keselamatan: Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assistance System (BAS), Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
Jarak Pengereman: 14,5 meter

Mitsubishi Xpander Ultimate

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.