Kompas.com - 15/10/2022, 11:02 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Yamaha RX-King pernah berjaya era awal 2000 an. Bermodal mesin 2 tak 135 cc, sempat jadi tulang punggung PT Yamaha Motor Indonesia (YIMM) bertarung melawan duet maut Honda Tiger dan Megapro di kelas motor sport. 

Banyak konsumen tergiur tenaga mesin responsif dan bertenaga. Dulunya, RX-King di juluki motor jambret dan lekat dengan citra negatif. 

Spesial di kalangan penggemar, desain motor ini sejatinya sederhana, namun memukau dan memiliki nilai histori bagi sebagian orang. 

Sayangnya, 2009 RX-King tutup usia karena disuntik mati. Kejayaan tiga dekade runtuh seiring melesatnya produksi motor injeksi. Aturan standar emisi Euro II yang mulai berlaku di Indonesia jadi penyebabnya.  

Tapi, rupanya Yamaha RX-King tak pernah mati, setidaknya bagi kalangan penggemar, bahkan harga bekasnya semakin menggila. 

Baca juga: Pakai Kendaraan Listrik, Masyarakat Masih Khawatir Nyetrum dan Terbakar

Aji Arfendy Anggota Komunitas RX King Unyar-Unyur mengatakan, harga RX-King mahal karena sudah masuk kategori motor hobi. Tapi, di sisi lain suku cadang motor ini relatif murah dan masih mudah ditemukan di pasar. 

"Terbagi dua segmen, kalau hobi memang harganya gelap. Kalau original dan low kilometer biasanya Rp 20 jutaan. Kondisi biasa saja, buat pemula banyak juga yang di bawah Rp 10 juta," kata Fendy kepada Kompas.com, Sabtu (14/10/2022). 

Tren RX-King juga masih bertahan di Semarang, Jawa Tengah. Bahkan mulai masuk ke kalangan anak muda, jenjang SMA atau SMK. Salah satu alasannnya, tentu saja perawatan yang mudah dan murah. 

Komunitas RX-King Unyar-Unyur anggotanya kebanyakan anak-anak muda pelajar SMA dan SMKDicky Aditya Wijaya Komunitas RX-King Unyar-Unyur anggotanya kebanyakan anak-anak muda pelajar SMA dan SMK

Menurut Fendy, banyak anak muda yang menjadikan RX-King kendaraan operasional karena perawatannya sama saja motor injeksi terbaru. 

"Praktis dan mudah untuk harian. Kuncinya oli samping jangan sampai telat khas motor 2-tak. Perawatan lainnya sama seperti motor baru," kata dia. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.