BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

5 Fitur dan Teknologi Canggih yang Ada pada Mobil Flagship, Apa Saja?

Kompas.com - 14/10/2022, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Istilah flagship tak hanya dikenal di dunia smartphone. Pada dunia otomotif, istilah ini juga dipakai untuk menggambarkan varian mobil premium yang dimiliki oleh pabrikan.

Sama seperti ponsel pintar, mobil berlabel flagship dibekali sejumlah fitur unggulan dan canggih. Selain memudahkan pengendara dalam mengemudi, fitur-fitur canggih ini juga berfungsi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat melaju di jalan raya.

Lantas, apa saja fitur dan teknologi keselamatan serta kenyamanan yang ada di mobil kelas flagship? Simak ulasan berikut.

1. ADAS

Teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) merupakan salah satu fitur keamanan kelas dunia yang ada pada mobil flagship. Fitur ini hadir untuk meminimalkan kecelakaan akibat kesalahan manusia (human error) saat mengemudi.

ADAS menggunakan teknologi automasi, seperti sensor, kamera, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), untuk mendeteksi obyek yang menjadi rintangan terdekat atau kesalahan pengemudi secara real-time.

Baca juga: INFOGRAFIK: Catatan 5 Tahun Perjalanan Wuling Motors di Indonesia

Usai terdeteksi, ADAS akan merespons dengan melambatkan kelajuan mobil. Bahkan, pada kondisi tertentu yang dinilai berbahaya, ADAS dapat mengaktifkan berbagai tingkat self-driving atau mengemudi otonom.

Seluruh komponen dalam fitur ADAS juga bisa mendeteksi marka jalan untuk memberikan informasi di sekitar mobil kepada pengemudi.

2. Fitur IoV

Fitur canggih berikutnya yang juga ada pada mobil flagship adalah internet of vehicle (IoV). Fitur ini terkoneksi dengan internet dan bisa berperan sebagai device berbasis internet layaknya telepon genggam.

Fitur modern IoV memanjakan pemilik mobil dalam melakukan sejumlah aktivitas cukup melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi, mulai dari memantau lokasi mobil, memutar musik online yang tersedia pada layar mobil, hingga online navigation.

Dari aspek keamanan, fitur tersebut juga bisa digunakan untuk melacak posisi kendaraan jika pengguna lupa letak kendaraan di parkiran umum. Selain itu, dapat digunakan sebagai pagar elektronik untuk menjamin keamanan dari risiko pencurian.

Baca juga: Wuling Air ev Sudah Terjual Ratusan Unit

3. Fitur perintah suara

Teknologi penunjang keamanan yang juga ada pada kendaraan flagship adalah fitur perintah suara. Fitur ini hadir untuk memudahkan pengguna menjalankan sejumlah fungsi pada mobil.

Cukup mengucapkan kalimat perintah, pengguna kendaraan dapat menyalakan pendingin udara, membuka dan menutup jendela, panoramic sunroof, mengakses fitur hiburan, melakukan panggilan telepon, serta mendapat informasi waktu dan tanggal.

Dengan begitu, pengendara dan penumpang tidak perlu menekan tombol atau mengetuk layar display untuk keperluan tersebut. Fitur ini juga dapat membuat pengemudi tetap fokus saat ingin menjalankan sejumlah fungsi. Sebab, pengemudi tidak perlu memalingkan pandangan dari jalan.

4. Kamera 360 derajat

Fitur canggih lainnya adalah kamera 360 derajat. Fitur ini populer digunakan pada mobil keluaran terbaru untuk kelas menengah ke atas.

Kamera tersebut dipasang di area sekitar mobil guna memberikan visibilitas mobil dalam tampilan 360 derajat.

Baca juga: Daftar Harga Wuling Almaz, Mulai Rp 298 Jutaan

Untuk diketahui, fitur kamera 360 derajat bekerja ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur. Pada posisi ini, layar monitor akan menampilkan visual mobil dari kamera belakang, depan, dan samping.

Fitur tersebut memudahkan pengemudi melihat mobil dari berbagai sisi, mulai dari samping, depan, belakang, hingga atas. Fitur kamera 360 derajat berfungsi sebagai “mata” tambahan pengemudi untuk memudahkan melihat kondisi sekeliling mobil.

Salah satu mobil flagship yang memiliki teknologi keselamatan andal dengan interior mewah dan nyaman tersebut adalah Wuling Almaz RS EX. Adapun Wuling Almaz RS EX merupakan flagship sport utility vehicle (SUV) yang termasuk dalam keluarga The First Leading Intelligent Digital Car.Dok. Wuling Motors Salah satu mobil flagship yang memiliki teknologi keselamatan andal dengan interior mewah dan nyaman tersebut adalah Wuling Almaz RS EX. Adapun Wuling Almaz RS EX merupakan flagship sport utility vehicle (SUV) yang termasuk dalam keluarga The First Leading Intelligent Digital Car.

5. Interior premium nan mewah

Selain teknologi keselamatan canggih, mobil flagship juga didesain dengan interior premium nan mewah. Pada umumnya, mobil flagship ditandai dengan kabin luas dan nyaman dengan kapasitas 7 tempat duduk atau 7-seater.

Adapun kemewahan pada mobil premium terasa pada bagian jok yang dilapisi kulit sintetis yang elegan. Bantalan kursi dan sandarannya pun empuk sehingga terasa nyaman saat di perjalanan.

Demikian pula pada ruang kaki yang didesain lapang untuk memberi kenyamanan bagi penumpang. Dengan begitu, penumpang tak merasa letih bila melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid Concept

Selain itu, interior mobil flagship dilengkapi pula dengan entertainment system, convenience technology, speaker berkelas, dan wireless charger.

Itulah lima fitur canggih untuk memudahkan pengemudi serta menjamin keamanan dan keselamatan. Berdasarkan sejumlah riset ilmiah, fitur keselamatan canggih di mobil flagship terbukti dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Contohnya, riset yang dilakukan Umar Zakir Abdul Hamid pada 2017 menemukan bahwa fitur keselamatan canggih dapat memitigasi kemungkinan kecelakaan dan menjaga jarak aman 2 meter dengan obyek di depan.

Salah satu mobil flagship yang memiliki teknologi keselamatan andal dengan interior mewah dan nyaman tersebut adalah Wuling Almaz RS EX. Adapun Wuling Almaz RS EX merupakan flagship sport utility vehicle (SUV) yang termasuk dalam keluarga The First Leading Intelligent Digital Car.

Berkat fitur WIND, pengguna dapat melakukan pengoperasian berbagai fitur pada mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh, mengatur AC, buka tutup jendela, memutar musik, membuka panoramic sunroof, menginformasikan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.
Dok. Wuling Motors Berkat fitur WIND, pengguna dapat melakukan pengoperasian berbagai fitur pada mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh, mengatur AC, buka tutup jendela, memutar musik, membuka panoramic sunroof, menginformasikan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.

Tak hanya dilengkapi interior mewah dan nyaman, SUV premium tersebut juga dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan canggih. Sebut saja, ADAS, Wuling Indonesian Command (WIND), serta Wuling Remote Control App.

Baca juga: Bagaimana Merawat Sensor ADAS pada Wuling Almaz RS?

Inovasi ADAS pada Almaz RS EX didukung tujuh fitur yang termasuk dalam tiga kategori fungsi. Pertama, Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC) dan Bend Cruise Assistance (BCA).

Kedua, kategori Safe Distance Braking Assistance yang terbagi menjadi Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB). Ketiga, Intelligent Hydraulic Braking Assist (IHBA).

Selain ADAS, Almaz RS EX juga dilengkapi dengan Wuling Remote Control App yang terintegrasi dengan aplikasi MyWuling+. Berkat fasilitas IoV, pengguna SUV Wuling dapat menjadikan smartphone sebagai remote control kendaraannya.

Fungsi pada mobil yang dapat dikendalikan melalui IoV meliputi membuka tutup jendela, memanaskan mesin, menyejukkan kabin, mengetahui lokasi mobil, dan geo fencing.

Fitur modern lain yang ada di Almaz RS EX adalah perintah suara berbahasa Indonesia atau WIND. Berkat fitur ini, pengguna dapat melakukan pengoperasian berbagai fitur pada mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Banyak Negara Luar Tertarik Wuling Air ev Buatan Indonesia

Sebagai contoh, mengatur AC, buka tutup jendela, memutar musik, membuka panoramic sunroof, menginformasikan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.

Seperti seri Almaz lain, varian Almaz RS EX juga didukung dengan mesin 1.500 cc turbo dan transmisi continuously variable transmission (CVT).

Almaz RS EX dibanderol seharga Rp 364.100.000 khusus untuk Jakarta. Adapun pilihan warna bodi yang tersedia untuk Almaz RS EX adalah Pristine White, Carnelian Red, Aurora Silver, Starry Black, dan Dazzling Silver.Dok. Wuling Motors Almaz RS EX dibanderol seharga Rp 364.100.000 khusus untuk Jakarta. Adapun pilihan warna bodi yang tersedia untuk Almaz RS EX adalah Pristine White, Carnelian Red, Aurora Silver, Starry Black, dan Dazzling Silver.

SUV Wuling tersebut juga dilengkapi deretan fitur keselamatan berkendara yang lengkap di kelasnya, seperti electronic stability control (ESC), traction control system (TCS), ABS, EBD, emergency stop signal (ESS), hill hold control (HHC), SRS airbag (front and side), tire pressure monitoring system (TPMS), isofix, 360 camera, dan juga front and rear parking sensor.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, Almaz RS EX ditujukan bagi konsumen yang menginginkan smart SUV yang dilengkapi dengan fitur canggih sebagai teman berkendara di beragam situasi mobilitas.

“Wuling memberikan harga spesial untuk lini produk yang tergabung dalam flagship SUV Almaz RS EX. Kunjungi jaringan dealer resmi Wuling atau website Wuling.id untuk mengetahui lanjut mengenai Almaz RS EX,” ujar Dian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Wuling Mulai Rencana Produksi Lokal Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, Almaz RS EX dibanderol seharga Rp 364.100.000 khusus untuk Jakarta. Adapun pilihan warna bodi yang tersedia untuk Almaz RS EX adalah Pristine White, Carnelian Red, Aurora Silver, Starry Black, dan Dazzling Silver.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.