Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 16:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga motor listrik dari United E-Motor terbilang lebih tinggi dari kebanyakan motor listrik yang beredar di Indonesia saat ini.

Untuk model yang baru keluar seperti TX3000 dijual Rp 49,9 juta. Sementara TX1800 dibanderol dengan harga Rp. 33,9 juta (OTR Jakarta).

Andry Dwinanda, General Manager PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari mengapa harga motor listrik United E-Motor terbilang tinggi di pasaran.

Baca juga: Alasan Indonesia Harus Mulai Beralih Pakai Kendaraan Listrik

United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000

“Jadi pertama untuk motor listrik karena ini hal baru untuk penetrasi, kita harus buktikan bahwa Indonesia ini mampu membuat motor listrik dengan kualitas yang bagus,” ujar Andry pada ajang IEMS 2022 (28/9/2022).

Andry juga menampik bahwa perusahaan mengambil margin besar untuk memperoleh keuntungan. Menurutnya hal ini semata dilakukan untuk memberikan produk terbaik buat pembeli.

“Jadi kita dengan harga premium tersebut bukan artinya kita mengambil untung yang besar, tapi kita berikan produk yang benar-benar akan dirasa sangat puas bagi konsumen,” kata Andry.

Baca juga: Tahun Depan BPKB Berubah Jadi Seperti Paspor

“Oh ini lho motor buatan Indonesia yang mampu bersaing dengan motor-motor lainnya, dengan kualitas yang bagus,” ucap dia.

Sementara itu, Head of E-Motor Division United E-Motor Awan Setiawan, mengatakan, pihaknya memang menargetkan pasar motor premium pada tahap awal.

“Karena kalau bicara motor listrik murah, ya memang banyak. Karena kita mau mengedukasi motor listrik itu, yang menjadi ekspektasi mereka lengkapnya harus yang premium,” ucap Awan.

“Karena model, jarak, performa, sama speed. Itu kan selalu dipertanyakan konsumen, ada enggak motor seperti ini? Karena rata-rata motor yang murah ya pilihan. Yang penting bisa jalan, baterainya kecil, jaraknya pendak,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com