Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tua tapi Ganteng, Modifikasi Mercedes-Benz 230E Bergaya Stance

Kompas.com - 29/09/2022, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren gaya modifkasi stance alias ceper tekuk pada kendaraan bermotor roda empat masih kerap dilakukan oleh pecinta otomotif.

Seperti contoh mobil tua Mercedes-Benz 230E lansiran 1991 milik Denny Johan.

Kepada Kompas.com, Denny menceritakan awal mula dirinya melakukan modifikasi pada mobil kesayangan yang diberi nama Bella.

Baca juga: Modifikasi Toyota Raize Bergaya Street Racing dan Stealth Look

“Mercedes-Benz 1991 seri 230E saya beli sekitar lima tahun yang lalu, masih dalam kondisi standar. Pas dapat unitnya, saya lihat cukup banyak yang perlu dirapikan. Terus pelan-pelan mulai cari info, kenalan bengkel, untuk merapikan satu per satu,” ucap Denny, saat ditemui Kompas.com, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).

Mercedes-Benz 1991 seri 230EDenny Johan Mercedes-Benz 1991 seri 230E

Pria yang juga menyukai dunia otomotif ini pun turut melakukan modifikasi pada sedan mewah asal produsen Jerman itu.

“Karena kebetulan memang saya hobi otomotif dan modifikasi, jadi mobilnya sekalian saya modifikasi juga. Untuk modifikasinya sendiri bergaya stance,” kata dia.

Modifikasi yang dilakukan oleh Denny pertama kali adalah dengan mengganti pelek Original Equipment Manufacturer (OEM) dari Mercedes-Benz.

“Awalnya saya modifikasi bagian pelek, pakai pelek OEM Eight hole Custom 3 piece. Untuk sementara pelek ini hanya ada satu di Indonesia. Terus habis itu lanjut air suspensi dua titik,” ucap Denny.

Agar tampilan eksterior semakin ganteng, Denny turut menambahkan add on lips, side skirt, add on spoiler, serta add on roof spoiler.

Baca juga: Tengok Referensi Tren Modifikasi Mazda 2 Sedan

Mercedes-Benz 1991 seri 230EDenny Johan Mercedes-Benz 1991 seri 230E

“Kalau sunroof itu bawaan, karena memang basic-nya mobil ini Completely Build Up (CBU),” ujarnya.

Selanjutnya, pada bagian interior, Denny juga melakukan cukup banyak pembaruan. Namun, ia mengaku bahwa semua part yang digunakan adalah OEM. Seperti contoh Steer Nardi Classic wood original, Boskit original Germany, Tilt steering oem Sportline, serta masih banyak part lainnya.

“Interior juga banyak yang saya upgrade, dalam arti kata saya upgrade OEM look, jadi banyak part yang saya gunakan asli dari Mercedes-Benz seri tertinggi di tipe ini. Misalkan, Mercedes-Benz sportline atau E500,” kata Denny.

Adapun pada bagian mesin, Denny sudah melakukan wire tuck agar tampilan ruang mesin terlihat lebih bersih dan menambahkan Grounding 5 titik Accent Wire, untuk membantu menstabilkan tegangan listrik mobil. Sementara pada bagian knalpot menggunakan Muffler Custom Brabus dan Full system exhaust custom full stainless steel.

Baca juga: Modifikasi Veloz Lawas Bergaya Static, Sederhana tapi Menawan

Mercedes-Benz 1991 seri 230EDenny Johan Mercedes-Benz 1991 seri 230E

Denny pun turut mengungkapkan kesulitan yang dialami saat melakukan modifikasi, salah satunya adalah saat mencari part orisinal Mercedes-Benz.

“Kesulitannya sih saat mencari part, karena semua part yang dipakai itu ori. Kalau baru sudah tidak ada, kalaupun ada sudah jarang sekali. Bahkan kadang saya cari sampai ke Batam, Malaysia, keluar daerah atau keluar Jakarta,” kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com