Uji Jalan Program B40 Ditargetkan Selesai Desember 2022

Kompas.com - 27/09/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bioenergi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Edi Wibowo menargetkan proses uji jalan (road test) program pencampuran 40 persen bahan bakar nabati ke dalam bahan bakar minyak jenis solar (B40) bisa selesai akhir tahun ini.

Setelah itu, proses selanjutnya akan masuk persiapan teknis sebelum program tersebut bisa diimplementasikan atau digunakan masyarakat luas.

"Road test B40 ditargetkan dapat selesai dilaksanakan pada Desember 2022 untuk menghasilkan rekomendasi teknis kebijakan implementasi B40," kata dia dalam sambutannya di gelaran Monitoring dan Evaluasi I Road Test B40, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Jadwal Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022, Tiketnya Gratis

Road Test Program B40dok.ESDM Road Test Program B40

Lebih lanjut, Edi menekankan bahwa dalam kegiatan road test B40 ini dilakukan pengujian pada dua jenis campuran bahan bakar yaitu:

1. B30D10 dengan formula campuran 30 persen Biodiesel (B100) + 10 persen Diesel Nabati/Diesel Biohidrokarbon/HVO (D100) + 60 persen Minyak Solar (B0), dan

2. B40 dengan formula campuran 40 persen Biodiesel (B40) + 60 persen Minyak Solar (B0).

“Adapun terhadap spesifikasi biodiesel (B100) mengacu pada usulan Komite Teknis 27-04 Bioenergi Cair, dengan perbaikan parameter kadar air yang semula maksimal 350 ppm diubah menjadi maksimal 320 ppm," kata Edi.

"Lalu kadar monogliserida yang semula maksimal 0,55 persen massa menjadi maksimal 0,5 persen massa, kestabilan oksidasi yang semula minimal 600 menit menjadi minimal 720 menit,” lanjut dia.

Baca juga: Harga Baterai Kendaraan Listrik Produksi Lokal Bisa Tidak Lebih Murah

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Pada pengujian tersebut, pihak ESDM menggunakan tiga merek kendaraan bermesin diesel dengan kapasitas kurang dari 3,5 ton masing-masing dua unit, dan tiga merek kendaraan bermesin diesel dengan kapasitas kurang 3,5 ton masing-masing dua unit.

Adapun aspek yang diuji selama road test B40 yaitu, penanganan dan analisis konsumsi bahan bakar, pengujian kualitas mutu bahan bakar dan pelumas, pengujian kinerja pada Chassis Dynamometer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.