Dorna Mengaku Kesulitan Tetapkan Jadwal MotoGP 2023

Kompas.com - 27/09/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2023 rencananya akan digelar sebanyak 21 seri, di mana itu jadi yang terbanyak sepanjang sejarah MotoGP. Tapi, pihak penyelenggara jadi kesulitan dalam menetapkan jadwal MotoGP 2023.

Banyaknya jumlah seri memang membuat penonton memiliki peluang lebih besar untuk menonton langsung MotoGP. Tapi, di ajang balap lainnya, yakni Formula 1 (F1), juga terjadi hal yang sama.

Baca juga: Quartararo Frustrasi pada Balapan MotoGP Jepang

Musim depan, F1 rencananya akan digelar sebanyak 24 seri. Jumlah tersebut bahkan lebih banyak dari kalender MotoGP 2023.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (26/9/2022), FIM bisa saja mengumumkan kalender MotoGP 2023. Tapi, Dorna Sports yang kesulitan untuk mencari tanggal yang tepat agar tidak bentrok dengan penyelenggaraan F1.

Pihak Dorna mengatakan tidak ingin MotoGP digelar di hari yang sama dengan F1. Sebab, banyak stasiun TV yang memiliki hak siar untuk kedua ajang balap tersebut.

Baca juga: Maafkan Kesalahan Mekanik, Aleix Targetkan Menang di MotoGP Thailand

Selain itu, waktu penyelenggaraan juga diusahakan agar tidak bentrok. Khususnya, untuk penyelenggaraan dalam zona waktu yang identik. Dengan banyaknya jumlah seri pada F1 dan MotoGP, semakin sulit untuk menghindari bentroknya jadwal penyelenggaraan.

Mobil balap Formula 1 tim Red Bull RacingDok. Red Bull Racing Mobil balap Formula 1 tim Red Bull Racing

Terutama untuk F1 dan MotoGP yang digelar di luar Eropa. Maka itu, bagi para promotor di Asia dan Australia, hingga kini belum menerima tanggal yang pasti untuk F1 dan MotoGP. Sehingga, jadwal MotoGP 2023 mulai pertengahan September masih bersifat tentatif.

Permasalahannya juga bukan hanya dari segi waktu penyelenggaraannya saja. Pihak penyelenggara juga harus memikirkan soal pengiriman material atau kargo para tim dan pebalap.

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Berikut jadwal sementara MotoGP 2023 yang bentrok dengan F1:
26 Maret: Portimão/Portugal
2 April: Termas de Río Hondo/Argentina (F1 Australia)
16 April: Circuit of The Americas/Texas (F1 China)
30 April: Jerez/Spain (F1 Baku)
14 Mei: Le Mans/France
28 Mei: Aragón/Spain
4 Juni: Mugello/Italy (F1 in Catalunya)
18 Juni: Sachsenring/Germany (F1 Canada)
25 Juni: Assen/Netherlands
9 Juli: Sokol Circuit/Kazakhstan ( F1 Great Britain)
6 Agustus: Silverstone/GB
20 Agustus: Red Bull Ring/Austria
3 September: Catalunya/Spain (F1 Monza)
10 September: Misano/Italy
24 September: Sepang/Malaysia (F1 Japan)
1 Oktober: Motegi/Japan
8 Oktober: Phillip Island/Australia (F1 Qatar)
22 Oktober: Buriram/Thailand (F1 Texas)
29 Oktober: Mandalika/Indonesia (F1 Mexico)
12 November: Doha/Qatar
19 November: Valencia/Spain (F1 Las Vegas on 11/18)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.