Bus PO Efisiensi Pakai Bodi Terbaru dari Jetbus MHD, Bando Lebih Tipis

Kompas.com - 25/09/2022, 07:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Efisiensi kembali ambil lima bus baru dari Karoseri Adiputro pada hari Sabtu (24/9/2022). Sebelumnya, PO asal Kebumen, Jawa Tengah ini juga mengambil beberapa unit di Juli 2022.

Namun, pada unit yang kali ini keluar Karoseri, Adiputro sudah melakukan berbagai ubahan pada bodi Jetbus 3+ MHD. Hal ini bisa dilihat dari bagian depannya yang kini punya bando lebih kecil serta kaca atas besar.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bodi bus yang digunakan PO Efisiensi kini disebut New MHD.

Baca juga: DKI Siapkan 100 Unit Bus Listrik Transjakarta Sampai Akhir 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

"Model baru Adiputro, New MHD. Bando depan kecil, kaca depan bagian atas diperbesar seperti SHD," kata Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Bando adalah bagian sekat yang memisahkan antara kaca depan atas dan bawah pada model bus double glass. Memang, bisa dibilang bando yang terpasang di Jetbus ukurannya besar, tidak seperti karoseri lainnya.

Efeknya, bando yang tebal tadi jadi menghalangi pandangan penumpang ke depan. Untuk model New MHD, dengan bando baru yang lebih kecil ukurannya tentu bisa menambah visibilitas terutama penumpang.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2022, Marquez Pole Position


Kembali bahas bodi New MHD milik PO Efisiensi, sasis yang digunakan adalah Hino. Pada bagian eksterior, selain bandonya yang lebih kecil, livery yang digunakan juga sama dengan unit sebelumnya.

Begitu juga untuk bagian kabin, bangku 2-2 digunakan ditambah adanya foot rest. Bus ini juga tanpa toilet, sehingga bisa memuat lebih banyak penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.