Kompas.com - 24/09/2022, 16:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - As roda merupakan komponen yang bertugas untuk meneruskan putaran dari transmisi menuju roda-roda penggerak.

Setidaknya ada dua jenis as roda pada mobil menyesuaikan dengan tipe suspensinya; rigid yang bersifat kaku dan independen yang memiliki as roda fleksibel.

Nah, untuk tipe suspensi independen, as roda yang digunakan memiliki desai khusus yang memiliki fungsi khusus pula.

Baca juga: Bahayanya Pakai Ban Vulkanisir di As Roda Depan Bus

As roda tipe independenKompas.com/Erwin Setiawan As roda tipe independen

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho, mengatakan as roda yang digunakan pada mobil dengan suspensi independen memiliki as roda dengan desain khusus yang lebih fleksibel.

“Untuk suspensi tipe independen, roda kanan dan kiri bisa terbebas naik dan turun. Hal ini ditandai dengan as roda yang terputus antara roda kanan dan kiri. Untuk mendukung gerakan tersebut maka desain as roda menjadi sedemikian rupa,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan di as roda tipe ini ada semacam join sebagai pusat sudut fleksibilitas.

Baca juga: Foto Viral Bus dengan As Roda Putus, Apa Potensi Penyebabnya?

“Ada semacam pengubah sudut as roda atau biasa disebut Constant Velocity Joint (CV Joint) untuk memastikan as roda tetap fleksibel ketika tinggi roda dan transmisi mengalami kesenjangan,” ucap Aji.

Dengan kata lain, as roda pada mobil yang memiliki suspensi independen memiliki CV Joint bagian dalam dan luar. As roda ini memiliki desain khusus karena karakter suspensi independen memungkinkan roda naik dan turun, tidak selalu segaris dengan poros output transmisi.

“As rodanya memang beda, ada komponen mangkuk CV Joint, CV Joint yang berbentuk huruf Y dengan roller di ujung-ujungnya, itu harus selalu terlumasi dengan baik karena menjadi sudut sekaligus sebagai penerus tenaga dari transmisi menuju masing-masing roda penggerak,” ucap Aji.

Baca juga: Mengenal As Roda Listrik dari Bosch

Jadi, desain as roda pada mobil dengan suspensi independen memiliki tujuan yang penting guna menunjang kenyamanan berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.