Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus PO Efisiensi Pakai Bodi Terbaru dari Jetbus MHD, Bando Lebih Tipis

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Efisiensi kembali ambil lima bus baru dari Karoseri Adiputro pada hari Sabtu (24/9/2022). Sebelumnya, PO asal Kebumen, Jawa Tengah ini juga mengambil beberapa unit di Juli 2022.

Namun, pada unit yang kali ini keluar Karoseri, Adiputro sudah melakukan berbagai ubahan pada bodi Jetbus 3+ MHD. Hal ini bisa dilihat dari bagian depannya yang kini punya bando lebih kecil serta kaca atas besar.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bodi bus yang digunakan PO Efisiensi kini disebut New MHD.

"Model baru Adiputro, New MHD. Bando depan kecil, kaca depan bagian atas diperbesar seperti SHD," kata Yohan kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Bando adalah bagian sekat yang memisahkan antara kaca depan atas dan bawah pada model bus double glass. Memang, bisa dibilang bando yang terpasang di Jetbus ukurannya besar, tidak seperti karoseri lainnya.

Efeknya, bando yang tebal tadi jadi menghalangi pandangan penumpang ke depan. Untuk model New MHD, dengan bando baru yang lebih kecil ukurannya tentu bisa menambah visibilitas terutama penumpang.

Kembali bahas bodi New MHD milik PO Efisiensi, sasis yang digunakan adalah Hino. Pada bagian eksterior, selain bandonya yang lebih kecil, livery yang digunakan juga sama dengan unit sebelumnya.

Begitu juga untuk bagian kabin, bangku 2-2 digunakan ditambah adanya foot rest. Bus ini juga tanpa toilet, sehingga bisa memuat lebih banyak penumpang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/25/070915115/bus-po-efisiensi-pakai-bodi-terbaru-dari-jetbus-mhd-bando-lebih-tipis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke