Kompas.com - 24/09/2022, 17:02 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Semua cairan pelumas mobil wajib diganti menyesuaikan jadwal servis berkala. Termasuk minyak rem, tugasnya melumasi dan menjaga kinerja pengereman tetap maksimal. 

Meskipun demikian, banyak pemilik mobil belum paham dan hanya memperhatikan volume saja. 

Minyak rem memiliki batas usia pemakaian, jika dilanggar rem mobil bisa mengalami vapor lock. Kondisi dimana uap air masuk dalam sistem pengereman. Hal ini bisa menyebabkan rem tiba-tiba blong.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, cairan minyak rem tergolong berusia panjang. Namun, dalam waktu 2 tahun atau 40.000 kilometer tanpa pergantian, minyak rem kemungkinan sudah terkontaminasi uap air. 

"Usianya bisa dibilang paling panjang, tapi minyak rem tetap perlu diganti dengan yang baru secara berkala. Penggantian minyak rem perlu dilakukan setiap 40.000 km atau dua tahun,” ujar Didi, kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022). 

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu, Apakah Itu Vapor Lock!

Meski begitu, menurutnya, jika jarak tempuh belum 40.000 kilometer, kondisi fisik wajib dilihat jelas. Apabila ditemukan indikasi perubahan warna atau gelembung udara, itu berarti pertanda segera diganti. 

Khawatirnya, uap air ikut tersirkulasi sampai piston rem. Hal ini yang jadi biang kerok terjadinya vapor lock.

"Gelembung udara bisa mendidih di dalam sistem pengereman. Hasilnya akan muncul uap air dalam rem," kata dia. 

Tabung minyak rem mobilDicky Aditya Wijaya Tabung minyak rem mobil

Uap air yang terlanjur tersirkulasi berujung rem jadi keras mirip gejala master rem 'nyeplos'. Hal itu biasanya akan membuat pengemudi kaget, rem harus di 'kocok' dahulu. 

"Rem jadi blong sementara, peristiwa ini disebut dengan vapor lock," katanya. 

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengganti Minyak Rem Sembarangan

Didi melanjutkan, selain pergantian minyak rem rutin, volume isi di dalam tabung minyak rem juga wajib di kontrol. Jangan sampai volume minyak rem berkurang cukup banyak atau bahkan habis. 

"Jika berkurang, tambah dengan minyak rem yang memiliki spesifikasi DOT yang sama," ucap Didi. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.