Bus Baru PO Bintang Timur, Pakai Bodi Jetbus Dream Coach SHD

Kompas.com - 22/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Bintang Timur baru saja ambil delapan unit bus baru dari Karoseri Adiputro, Rabu (21/9/2022). Semua bus tadi memakai bodi Jetbus 3+ Dream Coach atau bus selonjoran.

Berbeda dengan Dream Coach lain yang sudah rilis, bus milik PO Bintang Timur memakai basis bodi SHD, bukan MHD. Jadi secara dimensi, Jetbus Dream Coach SHD lebih tinggi daripada MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro, mengatakan, memang ada perbedaan dimensi antara Dream Coach SHD dengan MHD, namun tidak terlalu signifikan di bagian kabin.

Baca juga: Operator Bus Kesulitan Isi Solar padahal Harga Sudah Naik

Kabin bus AKAP PO Bintang TimurDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Bintang Timur

"SHD lebih tinggi dari MHD, kabin lebih lega. Cuma di sleeper kelihatan sama saja," ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, bus ini juga memakai sasis Mercedes Benz 1836 yang lebih bertenaga. Kemudian, posisi pintu belakang juga dipindah ke tengah, ditambah jumlah bangku sleeper lebih banyak.

"Di kabin ada 24 bangku sleeper dan non toilet," ucap Yohan.

Baca juga: Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Innova Reborn Bensin?


Bus yang beroperasi di Sulawesi memang punya ciri tidak menambah toilet di kabin. Jadi jumlah penumpang yang bisa diangkut jadi lebih banyak dan terhindar bau yang bisa muncul dari toilet.

Kemudian, fasilitas yang ada di kabin sleeper juga cukup standar seperti Dream Coach lain. Sebut saja bangku yang bisa direbah sampai sekitar 150 derajat, fitur pijat, sampai layar AVOD di setiap kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.