Kompas.com - 20/09/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumors akan hadirnya Toyota Innova Hybrid semakin santer belakangan ini. Meski demikian, pihak Toyota masih enggan menanggapi kabar tersebut.

Kementerian Perhubungan sudah menyebutkan bahwa mobil tersebut sudah mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT). Artinya, tidak lama lagi mobil ini akan diluncurkan.

"Kijang Innova listrik sudah lulus uji tipe. Ini sudah ada SUT," ujar sumber yang dapat dipercaya, kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 450 Jutaan

Salah satu tenaga penjual dari Auto2000 juga sudah memberikan estimasi harga Innova Hybrid. Multi purpose vehicle (MPV) ini akan dijual mulai Rp 450 jutaan hingga Rp 650 jutaan.

Toyota Kijang Innova Generasi 6TAM Toyota Kijang Innova Generasi 6

Meski sudah ada beberapa bocoran, tapi dari pihak Toyota belum mau mengonfirmasi akan rumors tersebut.

"Saya belum bisa komen ya untuk future products," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Kehadiran Innova Hybrid tentunya akan melengkapi jajaran mobil hybrid yang dipasarkan Toyota di Indonesia, selain C-HR Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan Camry Hybrid.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Punya Tiga Varian, Simak Bocoran Detailnya

Beberapa waktu lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyebutkan bahwa dalam waktu dekat akan memproduksi mobil hybrid. Bahkan di pabrik Karawang, sudah dibuat line produksi untuk kendaraan elektrifikasi tersebut.

Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

Toyota Indonesia sendiri memiliki strategi yang berbeda untuk ikut serta mengurangi emisi carbon. Hal tersebut dijelaskan oleh Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.

"Strategi kita sekarang, mobil yang ada di-elektrifikasikan sehingga meminimalisir disturbance," ucap Bob di Karawang, Kamis (19/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.