Kompas.com - 20/09/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II diketahui merupakan pecinta mobil Inggris. Mobil jenazah yang mengantarnya pun merupakan pabrikan Inggris yang bahkan desainnya dibantu juga oleh Ratu Elizabeth II.

Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa menggunakan mobil khusus dari Royal Navy Carriage menuju tempat pemakaman. Mobil tersebut merupakan buatan Jaguar Land Rover.

Baca juga: Intip Deretan Koleksi Mobil Ratu Elizabeth II, Sangat Nasionalis

Dikutip dari Townandcountrymag.com, Selasa (20/9/2022), mobil ini baru saja masuk menjadi jajaran mobil kerajaan. Jaguar Land Rover membuatnya atas konsultasi dengan pihak rumah tangga kerajaan dan Ratu Elizabeth II sendiri.

Ratu Elizabeth II mengunjungi pabrik Jaguar Land RoverMobil jenazah Ratu Elizabeth II Ratu Elizabeth II mengunjungi pabrik Jaguar Land Rover

Mobil jenazah yang digunakan sengaja didesain menggunakan kaca yang lebar dan tinggi di bagian buritan. Sehingga, semua orang dapat melihat peti jenazah tersebut. Basis yang digunakan kabarnya adalah Jaguar XF yang dimodifikasi.

Mobil buatan Jaguar Land Rover ini disematkan lambang kerajaan atau Royal Cypher. Sedangkan bodinya sendiri, dilapisi dengan warna Royal Claret. Warna yang sama seperti yang digunakan pada mobil kerajaan lainnya.

Baca juga: Cerita Ratu Elizabeth II Menjadi Mekanik Truk pada Perang Dunia II

Diketahui Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, adalah penggemar dari Jaguar Land Rover yang bermarkas di Whitley, Coventry. Pada 2014, keduanya juga pernah mengunjungi pabrik mesin terbaru dari Jaguar Land Rover di Wolverhampton.

Mobil jenazah Pangeran PhilipDok. People.com Mobil jenazah Pangeran Philip

Pangeran Philip sendiri diketahui memiliki sejumlah Land Rover lawas. Termasuk dengan Defender yang sudah diubah sebelum dia wafat untuk membawa peti jenazahnya pada pemakaman.

Mobil jenazah tersebut menggunakan basis Land Rover Defender TD 130 yang bagian belakangnya dimodifikasi menjadi terbuka. Mobilnya dikelir dengan warna Dark Bronze Green, warna yang sama seperti yang digunakan pada kendaraan militer Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.