Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kijang Innova Hybrid Lulus Uji Tipe, Siap Diluncurkan?

Kompas.com - 16/09/2022, 18:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Kijang Innova bertenaga listrik di Indonesia agaknya bukan hanya sekadar rumor saja. Sebab saat ini kendaraan tersebut sudah lolos uji tipe di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor.

Bahkan, sebagaimana diungkapkan oleh sumber Kompas.com di Kementerian Perhubungan, mobil sudah mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT). Hanya saja ia belum bisa menyebut jumlah unit dan tipenya.

"Kijang Innova listrik sudah lulus uji tipe. Ini sudah ada SUT," kata dia, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Bakal Pakai Nama Zenix?

Toyota Innova Hycross yang diyakini sebagai Innova hybrid dikabarkan siap meluncurDok. Andra Febrian Design Toyota Innova Hycross yang diyakini sebagai Innova hybrid dikabarkan siap meluncur

Dengan dokumen itu, tandanya mobil sudah terjamin teknis dan spesifikasinya untuk digunakan dalam jumlah tertentu, sesuai peraturan pemerintah RI tahun 2012 tentang Kendaraan.

"SUT ini merupakan master. Ketika kendaraan serupa diproduksi dalam jumlah tertentu, akan diberikan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRT). Dokumen tersebut untuk mengurus BPKB, STNK, dan lainnya agar bisa dipakai di jalan," lanjut dia.

Menanggapi temuan tersebut, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy masih enggan memberikan komentar. Termasuk tentang progres kajian Innova Hybrid yang dilakukan oleh tim internal.

Meski demikian, ia memastikan bila Toyota Indonesia akan meluncurkan produk elektrifikasi tahun ini, entah apa modelnya.

Baca juga: Bahas Spesifikasi Mobil Listrik Toyota bZ4X

Toyota Kijang Innova BRV Konsep Study di pelataran IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).
KOMPAS.com/Fathan Toyota Kijang Innova BRV Konsep Study di pelataran IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

"Saya belum bisa berkomentar ya, mas. Pastinya tahun ini akan ada produk elektrifikasi," kata Anton.

Diketahui sebelumnya, rumors Innova Hybrid akan hadir di Indonesia mencuat ke permukaan berkat langkah perseroan yang membawa prototipe Innova BEV di ajang pameran IIMS 2022.

Saat itu, Toyota Indonesia menyebut bahwa produk contoh tersebut hanya jadi bahan studi saja untuk pengembangan kendaraan elektrik di masa mendatang.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa diler resmi Toyota di Jabodetabek mulai membuka pemesanan awal Innova Hybrid. Bahkan dikatakan, mobil akan dijual pada November 2022 mendatang.

“Innova Hybrid meluncur November. Untuk harganya kemungkinan beda kurang lebih Rp 25 juta sampai Rp 100 juta dari harga Innova diesel yang sekarang,” ucap tenaga penjual Toyota itu kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Biaya Konversi Kendaraan Listrik Dinilai Masih Mahal

Nama Innova Zenix terdaftar di Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.Doc pdki-indonesia.dgip.go.id Nama Innova Zenix terdaftar di Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Pramuniaga Toyota itu juga membocorkan bahwa pada November mendatang yang meluncur bukan hanya Innova hybrid saja, namun ada juga pilihan mesin konvensional yakni bensin dan diesel.

Ketiganya digadang bakal hadir dengan penggerak roda depan, berbeda dengan varian sebelumnya yang menggunakan penggerak roda belakang.

“Innova baru untuk semua tipe akan menggunakan penggerak roda depan. Jadi ada yang non hybrid juga (bensin dan diesel). Estimasi kenaikan harga yang non hybrid itu di kisaran Rp 60 jutaan,” kata dia.

Pada kesempatan terpisah, Toyota juga ternyata sudah mendaftarkan nama merek Innova Zenix di Indonesia. Ini terungkap dari dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Premium yang Dijual di Indonesia

Pada dokumen tersebut, nama Innova Zenix telah terdaftar dan dilindungi sejak 24 Juli 2020, yang didaftarkan langsung oleh Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha atau Toyota Motor Corporation (TMC).

Di sana tertulis bahwa Innova Zenix mengacu kepada "badan untuk kendaraan bermotor, ban untuk roda kendaraan, bus, bus yang dirancang untuk banyak penumpang dan perjalanan jarak jauh, kendaraan elektrik, kendaraan-kendaraan dengan penggerak empat roda yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan offroad atau on road dan mempunyai jarak yang tinggi antara bodi mobil dengan permukaan tanah (sport utility vehicles), mesin untuk kendaraan bermotor, mobil, motor untuk kendaraan bermotor, pintu untuk kendaraan bermotor, rem untuk kendaraan bermotor, roda kemudi untuk kendaraan bermotor, roda untuk kendaraan bermotor, transmisi untuk kendaraan bermotor, truk, van [kendaraan]".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com