Kompas.com - 14/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comAprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kompas.com mendapat kesempatan untuk mengetes skutik yang jadi senjata baru Aprilia di segmen skuter bongsor.

Salah satu yang bikin penasaran adalah soal konsumsi BBM, mengingat skutik ini berada di tengah-tengah segmen populer yang ada saat ini, yaitu di antara kubikasi 160 cc-250 cc.

Baca juga: Sekolah Mengemudi Belum Bisa Jawab Masalah Tingginya Tingkat Kecelakaan

Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.
Foto: KOMPAS.com/Adityo Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.

Di atas kerta Aprilia SR-GT 200 mengusung mesin berkapasitas 174,3cc, 4 langkah, SOHC, 4 katup injeksi berpendingin cairan, dengan transmisi CVT.

Rincian mesinnya memiliki bore x stroke 61,5 x 58,7 mm. Tenaga maksimal mampu menghasilkan 17,4 Tk di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Berdasarkan pengetesan redaksi dengan metode full to full dengan BBM RON 92, tercatat konsumsi BBM kondisi jalan campuran baik di dalam kota dan luar kota sebesar 277,1 km tercatat angka 38,2 km per liter.

Baca juga: Mengenal Peranti FUPS yang Ada di Bus Baru Karoseri Laksana

Tes Aprilia SR-GT 200 KOMPAS.com/Dio Tes Aprilia SR-GT 200

Angka tersebut lebih tinggi dari AVG alias fitur rata-rata konsumsi bahan bakar yang tersedia di klaster instrumen yang menunjukkan angka 34 km per liter.

Penghitungan full to full dipilih karena cukup sederhana. Cara menghitungnya yaitu jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM selama perjalanan.

Metode ini memang belum tentu menghasilkan angka yang tepat, namun merupakan salah satu yang menggambarkan penggunaan sehari-hari.

Jika ingin lebih tepat harus melakukan uji yang lebih komperhensif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.