[POPULER OTOMOTIF] Pakai Rumus 3 Detik untuk Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol | Daftar Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta, Apa Saja Pilihannya?

Kompas.com - 14/09/2022, 06:02 WIB

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara di jalan tol pengemudi harus mampu menjaga jarak minimal atau yang kerap disebut dengan jarak aman antara kendaraan satu dengan lain, atau kendaraan di depannya.

Menjaga jarak penting dilakukan guna mencegah tabrakan beruntun. Misal ketika kendaraan di depan ngerem mendadak, maka mobil bisa bermanuver atau melakukan gerakan melewati atau mengubah haluan tiba-tiba.

Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting memberikan tips dan trik bagaimana menjaga jarak aman dengan kendaraan lain saat melintas di jalan tol.

Selain itu, meski banyak pilihan mobil baru yang beredar saat ini, tapi dari segi harga tentunya makin kompetitif seiring dengan perkembangan teknologi yang ada.

Model-model yang dulunya dianggap murah, terus berkembang dan naik kelas. Kondisi itu otomatis membuat banderolnya ikut terkerek.

Contoh seperti mobil sejuta umat, Avanza dan Xenia, yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Melihat harganya saat ini sudah cukup tinggi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 13 Agustus 2022 :

1. Pakai Rumus 3 Detik untuk Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol 

“Pertama, pastikan kecepatan kendaraan kita dengan kecepatan kendaraan di depan kita sama besarnya. Hal ini dapat dipastikan juga dengan menggunakan patokan benda statis dengan jarak iring 3 detik,” ucap Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Caranya adalah dengan mencari objek statis untuk tolak ukur yang ada di kiri atau kanan jalan, bisa berupa pohon, jembatan, atau patokan Km jika sedang berada di jalan tol.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.