Kompas.com - 13/09/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada produk terbaru dari Karoseri Laksana, disematkan peranti keselamatan baru di bagian depan. Alat tersebut punya nama Front Under-ride Protection System (FUPS).

Secara sederhana, FUPS dipasang di balik bumper depan. Tujuan dari alat tersebut adalah meningkatkan keselamatan ketika bus mengalami kecelakaan di jalanan, terutama kasus tabrak adu kambing.

Stefan Arman, Technical Director CV Laksana menjelaskan, FUPS punya tujuan agar kendaraan yang menjadi lawan tabrakan adu kambing dengan bus bisa tidak terlalu parah kerusakannya.

Baca juga: Apa yang Seharusnya Dilakukan Operator Bus Saat Terlibat Kecelakaan

Kecelakaan bus di Wonosobodoc NTMC Polri Kecelakaan bus di Wonosobo

"Jadi kendaraan tersebut menerima benturannya di posisi bumper. Sehingga fitur-fitur keselamatan seperti crash box, airbag senso dan lainnya dapat berfungsi untuk memberikan perlindungan ke penumpang," ucap Stefan kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Pada bus-bus lama, tidak ada komponen FUPS di bagian bawah. Sehingga, kendaraan yang menabrak bus rentan terapit dan kerusakan yang dialami jadi lebih parah.

Stefan juga menjelaskan kalau tujuan lain dari penggunaan FUPS juga untuk mengankan bus. Jadi kerusakan pada bus yang terlibat tabrakan juga tidak terlalu parah.

Baca juga: Pakai Rumus 3 Detik untuk Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol


"Dalam waktu yang sama, FUPS memberikan perlindungan ke komponen penting dari bus. Bahian depan bawah tersebut terdapat komponen penting dan safety seperti steering, braking system, dan lainnya," ucap Stefan.

Jadi jika bus mengalami kecelakaan, komponen penting tadi masih bisa terlindungi. Tentu jika komponen tadi aman, bus jadi lebih mudah untuk dievakuasi.

"Rencana kita akan jadikan (FUPS) sebagai standar, namun memang masih bertahap. Sekarang baru untuk Scania K360, Hino RM, dan Mercedes Benz OH 1626 yang bisa dipasang," ucap Stefan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.